SENTANI-Kapolda Papua, Irjen Pol. Paulus Waterpauw bekerja sama dengan The Spirit of Papua menyerahkan penghargaan Kapolda Awards kepada sejumlah komunitas dan perorangan yang dianggap mempunyai peran dan kontribusi dalam beberapa bidang kehidupan.
Setidaknya ada tiga kategori yang mendapatkan penghargaan khusus dari Kapolda Papua itu. Pertama penghargaan dibidang penggiat literasi, penggiat lingkungan dan penggiat sosial.
Perlu diketahui, sebelum penghargaan itu diberikan, The Spirit of Papua melakukan survei di masyarakat mengenai sosok inspiratif tersebut. Baik itu perorangan maupun yang tergabung dalam komunitas.

FOTO BERSAMA: Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw foto bersama dengan perwakilan Pejabat Pemprov Papua dan Kabupaten Jayapura di sela acara Kapolda Awards 2020, di Sentani, Jumat (23/10). (Foto : Robert Mboik/Cepos)

Berdasarkan rekomendasi masyarakat itulah kemudian mereka terpilih untuk mendapatkan penghargaan dari Kapolda Papua Awards.
Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw mengatakan, pemberian Kapolda Awards tahun 2020 itu merupakan satu penghargaan bagi sosok inspiratif.
“Bertepatan dengan peresmian stadion kita menyisihkan waktu untuk menghadirkan mereka. Kita punya saudara-saudara yang punya talenta, sudah mengabdi dan juga sudah bekerja serta berkarya untuk kepentingan kita semua. Jadi kalau hari ini judulnya Awards Kapolda Papua, itu hanya pemicu saja. Untuk bagaimana melihat secara saksama, potensi anak-anak bangsa yang hidup di tanah Papua ini. Yang memiliki talenta talenta dan kita coba dorong itu,” ungkap Paulus waterpauw kepada wartawan usai penyerahan penghargaan Kapolda Awards 2020 di Sentani, kemarin (23/10).
Dengan begitu bisa memberikan keseimbangan dalam rangka menjalani kehidupan bersama di tengah masyarakat. Terutama dapat memberikan keteladanan kepada generasi muda Papua kedepannya.
“Karena generasi muda tidak boleh terlalu berilusi dengan masukan-masukan, pemberitaan hiburan-hiburan yang berasal dari luar. Tapi jangan sampai kita lupa apa kalau kita juga ada karifan lokal, yaitu sumber-sumber inspirasi lokal,” tandasnya.
Menurutnya, dari kisah inspiratif yang sudah dilakukan oleh orang-orang maupun komunitas yang yang menjadi sosok inspiratif ini, sebenarnya memberikan pesan kepada orang tua dan juga generasi muda bahwa hendaknya semua orang tanpa terkecuali harus bekerja sama menjaga alam, menjaga lingkungan dan sebagainya.
“Kita sama-sama menjaga lingkungan dan menjaga keberlangsungan lingkungan kita. Demikian juga pesan pesan lain yang bisa kita ambil,baik dari para penggiat lingkungan, literasi maupun sosial. Semuanya ada pesan pesan inspiratif yang bisa kita kembangkan,” pungkasnya.
Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua, Christian Sohilait mengaku sangat mengapresiasi inovasi-inovasi yang dilakukan oleh Kapolda Papua Irjen Pol. Paulus Waterpauw.
Dimana sehubungan dengan kegiatan Kapolda Awards 2020 itu mencakup tiga bagian utama, pertama sisi ekonomi, kemudian pendidikan dan kesehatan.
“Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Pendidikan pertama kita mengapresiasi kepada bapak Kapolda. Karena hari ini setidaknya ada tiga materi lengkap ada di dalamnya. Pertama materi berbicara tentang ekonomi dan lingkungan, jadwal tentang kesehatan dimana disabilitas juga ada di dalamnya. Kemudian ada juga tentang intelektual berkaitan dengan pendidikan.
Ketika orang memberikan penghargaan maka itu akan memicu, dia sendiri tetapi juga orang lain,” ucap mantan Sekda Lanny Jaya ini.(roy/nat)