Penyerahan secara simbolis, Bantuan Sosial Tunai (BST) Tahap II Tahun 2021 oleh Wali Kota Jayapura, Banhur Tommy Mano kepada masyarakat penerima bantuan, di Kantor Pos Jayapura, Sabtu (6/2) kemarin. ( FOTO: Yohana/Cepos)

JAYAPURA – PT. Pos Indonesia kembali dipercaya menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST). Setelah sukses menyalurkan tahap I, kali ini PT. Pos Indonesia Jayapura kembali menyalurkan BST tahap II.

Alokasi BST pada bulan Februari atau tahap ke II di tahun 2021, mengalami peningkatan dari penyaluran tahap pertama di bulan Januari 2020.

Kepala Kantor Pos Cabang Jayapura, Aria Febriyanto mengatakan,  penyaluran BST Tahap II di Kota Jayapura sebanyak 8.085 KPM (Keluarga Penerima Manfaat) yang mana jumlah tersebut mengalami penambahan sebanyak 160 KMP jika dibandingkan dengan tahap I.

“Tahap I kami menyerakan BST kepada 7.925 yang mana masing-masing KPM memdapatkan Rp 300 ribu. Sementara tahap ke II ini kami serahkan BST kepada 8.085 KMP dengan masing-masing penerima manfaat mendapatkan Rp 300 ribu,” ungkapnya kepada Cenderawasih Pos, Sabtu (6/2) kemarin.

Diakuinya, penyaluran tahap ke II, pihaknya menyalurkan di 6 titik penyaluran dan nantinya akan pihaknya bayarkan sampai tanggal 10 masa bayar utamanya.

“Kami mengimbau kepada para KPM yang telah menerima undangan, yang mana undangan tersebut juga sudah kami sebarkan di setiap kelurahan dan distrik,  agar dapat hadir sebelum tanggal 10 Februari 2020, yang mana dalam pembayaran tersebut juga tetap kami perhatikan protokol kesehatan,” bebernya.

Lanjutnya, jika ke depansetelah masa bayar utama selesai, pihaknya tetap layani pembayaran BST sampai 30 hari ke depan, sesuai arahan dari Kementerian Sosial.

Untuk penyaluran BST sendiri pihaknya akui sebanyak 4 kali penyaluran,   yang mana 4 kali penyaluran tersebut sampai bulan April mendatang.

Sementara itu, Wali Kota Jayapura, Banhur Tommy Mano menjelaskan, pihaknya sangat mengapresiasi upaya pemerintah pusat dalam hal ini Presiden RI, yang telah memberi kebijakan ke masyarakat dengan menyediakan Bantuan Sosial Tunai di tengah pandemi Covid-19.

“Adanya bantuan ini, kami harap dapat digunakan sebaik-baiknya oleh penerima manfaat dan pasti dapat membantu mengerakkan ekonomi keluarga di tengah pandemi Covid-19,” pungkasnya.

Sementara itu salah satu penerima manfaat,   Silvester Kodiwaru mengatakan bahwa ia sangat bersyukur dengan adanya bantuan dari pemerintah,  dalam hal ini Bantuan Sosial Tunai yang dinilai sangat membantu dirinya di masa pandemi Covid-19.

“Saya menerima bantuan ini mulai dari tahun 2020 sampai dengan saat ini, yang mana setiap kali terima, nominal yang kami dapat Rp 300 ribu. Bantuan ini saya gunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari di dalam keluarga,” pungkasnya. (ana/ary)