Suasana konferensi pers terkait Musyawarah Provinsi VII Kadin Papua yang dilakukan di Swiss-Belhotel Jayapura, Jumat (21/5) kemarin. ( FOTO: Yohana/Cepos)

JAYAPURA – Pemerintah Provinsi Papua, dalam pelaksanaan Musda ke VII yang digelar Kadin Papua, Kadin harus bersinergi dengan pemerintah, ada empat hal pokok yang diharapkan dari kadin Papua.

Sekda Provinsi Papua, Dance Yulian Flassy mengatakan, Kadin Papua merupakan mitra kerja Pemerintah Daerah yang stategis,  dalam pembangunan Papua menuju Papua Bangkit, Mandiri, Sejahtera dan Berkeadilan.

 “Menghadapi pandemi Covid-19, Kadin adalah forum pengambulan keputusan tertinggi ditingkat Provinsi, oleh karana itu forum ini sangat penting untuk menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan dunia usaha dan ekonomi di Papua secara luas,”ungkapnya kepada Cenderawasih Pos, Jumat (21/5).

 Lanjutnya, sesuai dengan semangat Musda ke VII Tahun 2021, pihaknya berharap Kadin Papua fokus terhadap 3 pembahasan pokok yakni bagaimana membangun konsolidasi dan penguatan organisasi Kadin, kedua bagaimana membangun hubungan kemitraan antara Kadin dan Pemerintah Daerah dan ketiga bagaimana arah pembangunan Papua ke depan di masa pandemi Covid-19.

“Tidak hanya tiga hal pokok tersebut, saya menambahkan  satu hal lagi yaitu membangun komunikasi dan sinergitas dalam membangun ekonomi Papua. Jadi ada empat hal pokok yang saya harap dapat menjadi tugas pokok dari Kadin Papua dalam pembahasannya pada Musda ke-VII Kadin Papua,” terangnya.

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia, Andi Rukman Karumpa menjelaskan, Kadin tidak mungkin berjalan sendiri tanpa Pemerintah Daerah, sementara Pemerintah sendiri membutuhkan pengusaha yang berhimpun dibawah Kadin.

“Kadin merupakan penggerak ekonomi daerah, dan pengambil keputusan adalah pemerintah daerah, sehingga kami dan pemerintah harus bersinergi membangun komunikasi untuk memberikan kebijakan, informasi kepada masing-masing daerah,” terangnya. (ana/ary)