JAYAPURA-Masyarakat di Kota Jayapura dan sekitarnya dibuat panik dengan adanya gangguan layanan Telkomsel baik itu layanan telepon seluler maupun paket data termasuk layanan PT. Telkom yaitu Indihome, Rabu (25/8) dari pukul 12.50 hingga pukul 15.30 WIT .

Masyarakat tampaknya masih sedikit trauma dengan putusnya kabel fiber otik (FO) yang terjadi 30 April 2021 yang mengakibatkan gangguan jaringan internet satu bulan lebih. 

Tidak sedikit warga yang berasumsi hilangnya jaringan telepon seluler dan data, kemarin, terkait rencana kunjungan Presiden Jokowi.

General Manager PT. Telkom Papua, Sugeng Widodo yang dikonfirmasi Cenderawasih Pos menginformasikan bahwa gangguan pelayanan Telkomsel dan Indihome selama kurang lebih dua jam, disebabkan putusnya jaringan kabel fiber optik (FO) akibat aktivitas perampasan pohon peneduh di sekitar Skyland.

Sugeng Widodo menyebutkan, ada kabel FO yang di gantung di udara menggunakan tiang kena perampasan pohon hingga akhirnya putus. “Petugas kami langsung mendatangi lokasi kabel FO yang putus kemudian melakukan perbaikan dan jaringan internet kembali normal  sekira pukul 15. 30 WIT,” jelasnya.

Terkait dengan gangguan ini, Sugeng meminta maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan pelanggan Telkomsel dan Telkom. 

Diakuinya, gangguan yang terjadi kemarin bukan disengaja. Namun dirinya berharap kejadian ini tidak terulang kembali. Pihaknya berharap petugas yang bekerja di lapangan ke depannya tetap memperhatikan keselamatan ataupun sarana dan prasarana yang ada seperti kabel FO milik PT. Telkom. 

Sugeng menambahkan, pemasangan kabel FO memang ada yang ditanam di tanah, lewat udara yang digantung menggunakan tiang dan ada yang lewat jalur laut.(dil/nat)