MERAUKE- Kendati  jumlah pasien  yang  dirawat  di RSUD  Merauke   tetap, namun   jumlah Orang Dalam Pemantauan  (ODP)  bertambah   menjadi 113 orang  dari  sebelumnya  99  orang. Plt  Kepala Dinas Kesehatan  Kabupaten Merauke  dr. Nevile R. Muskita, mengungkapkan  peningkatan   jumlah ODP  ini   dari   ditemukannya  dari 2  Orang Tanpa  Gejala  (OTG) yang  positif  terpapar  Corona. 

  “Peningkatan  ODP   ini  dari  ditemukannya 2 OTG  yang positif Corona,’’ kata  Nevile Muskita, ketika   dihubungi Minggu  (3/5).   

   Dikatakan,  ODP  ini adalah  orang  yang  pernah   melakukan  kontak  dengan pasien  yang  sudah  dinyatakan  positif  Corona  dan belum  menunjukan  gejala  Corona. ‘’Mereka   melakukan  karantina secara mandiri selama   14   hari di  rumah  mereka  masing-masing. Jika   selama 14  hari   ini tidak ada gejala Corona, maka   kita akan keluarkan  dari  daftar   sebagai  ODP,” jelasnya.   

   Sementara   itu, sampai  Minggu   (3/5) kemarin, jumlah orang  Merauke yang  positif   Covid-19  sebanyak 13  orang. Dimana, dari 13    yang   terpapar  Covid-19  tersebut,   8  diantaranya   telah  dinyatakan  negatif  atau sudah sembuh. Sementara    yang masih  dalam perawatan  sebanyak  5  orang  ditambah   dua pasien positif  dari  Boven Digoel   yang ikut  dirawat  di RSUD Merauke  sebagai  rumah  sakit rujukan Covid-19  di bagian  Papua  Selatan. 

  Sedangkan  pasien  dalam pengawasan  (PDP)  untuk sementara   tidak ada.  Sementara  orang  yang  dinyatakan sehat sebanyak 20  orang. Dikatakan sehat, karena   menjalani  perawatan sebagai pasien dalam  pengawasan  (PDP)  di  RSUD  Merauke, namun   dari hasil  pemeriksaan swab tenggorokan  ternyata negatif atau  tidak  terpapar  Covid-19. (ulo/tri)