SENTANI- Jumlah pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh yang  dirawat di rumah sakit di Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura terus bertambah. Data terbaru jumlah pasien positif Covid-19 yang sudah dinyatakan sembuh sebanyak 232 orang dari jumlah kasus secara komulatif yang terjadi sejak awal pandemi Covid-19 di Kabupaten Jayapura sebanyak 285 kasus.

“Dari waktu ke waktu jumlah pasien positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh terus bertambah dan yang terbaru, jumlah yang sedang dirawat sebanyak 49 pasien,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jayapura, Khairul Lie kepada wartawan, Selasa (18/8).

Dia mengatakan, selain banyaknya jumlah pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh, jumlah temuan kasus baru di Kabupaten Jayapura juga berhasil ditekan dalam kurun waktu beberapa hari terakhir. Meski begitu, kegiatan pencegahan yang dilakukan oleh tim surveilans gugus tugas terus ditingkatkan di sejumlah tempat.

“Temuan kasus baru di beberapa hari terakhir ini memang berhasil kita tekan, tetapi kegiatan pencegahan yang dilakukan oleh gugus tugas melalui tim surveilans tetap dilakukan seperti biasa,” tandasnya.

Untuk itu, pihaknya meminta kepada masyarakat supaya terus menggunakan alat pelindung diri seperti masker pada saat kegiatan di tempat-tempat umum atau fasilitas umum. Karena menurutnya, pencegahan yang terbaik adalah harus dimulai dari dalam diri setiap pribadi bukan dari pemerintah.(roy/tho)