JAYAPURA- Melakukan kunjungan kerja ke Kota Jayapura, Papua, Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI), Jusuf Kalla, menyambangi Kantor PMI Provinsi Papua, Sabtu (14/11) lalu. 

Papua menjadi salah satu destinasi bagi Jusuf Kalla dan rombongan Pengurus PMI Pusat dalam meninjau kinerja dan pelayanan PMI se-Indonesia.

Disambut Ketua PMI Provinsi Papua, Ny. Yolanda Tinal, SE., dan Pengurus PMI Provinsi Papua, mantan Wakil Presiden Republik Indonesia tersebut mengapresiasi kinerja yang sangat baik dari PMI Provinsi Papua, usai mendapat laporan.

Didampingi Ketua PMI Papua, Ny. Yolanda Tinal, SE., Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla, dan rombongan melakukan office tour di Kantor PMI Provinsi Papua. ( FOTO: Dian Mustikawati for Cepos)

“PMI Papua sangat baik. Saya menerima laporan resmi, baik pengentasan bencana Covid-19 maupun program donor darah, semuanya dilaksanakan dengan ketentuan. Sangat luar biasa pengabdian ini,” ungkap Jusuf Kalla usai meninjau kantor PMI Papua, Sabtu (15/11).

Setelah melihat kinerja luar biasa dari PMI Provinsi Papua yang dipimpin langsung Ny. Yolanda Tinal dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat, Jusuf Kalla atau yang akrab disapa JK, menaruh harapan besar agar PMI Papua dapat terus memacu kinerjanya menjadi lebih baik lagi.

“Harapannya (PMI Provinsi Papua) meningkatkan pengabdiannya kepada masyarakat,” pintanya.

Seperti diketahui, Kantor PMI Provinsi Papua di Kota Jayapura sendiri merupakan gedung yang diresmikan JK ketika masih menjabat Wakil Presiden RI pada tahun 2015. Lima tahun berselang, Kantor PMI Provinsi Papua masih menjadi bagian penting dari seluruh pengurus PMI Provinsi Papua memberikan pelayanan bagi masyarakat.

JK menginginkan gedung Kantor PMI tersebut dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Terutama masyarakat yang mengalami kesulitan, seperti mengalami bencana.

“Yang penting gedung itu dimanfaatkan untuk mengatasi kebutuhan masyarakat apabila mengalami bencana dan kesulitan. Karena, PMI bekerja ketika masyarakat mengalami bencana. Oleh karena itu, saya berterima kasih PMI Papua betul-betul dapat melaksanakan misi dan tugas-tugas PMI,” pungkasnya.

Di kesempatan yang sama, Ketua PMI Papua, Ny. Yolanda Tinal, menyebutkan bahwa Ketua Umum PMI mengaku bangga sejak awal menginjakkan kaki di gedung Kantor PMI Papua. 

Dikisahkan Ny. Tinal bahwa JK bahkan mengakui keunggulan PMI Papua dibanding PMI di daerah asalnya, Makassar.

“Pak JK cek semua fasilitas di Kantor PMI Papua, mulai dari ruang donor darah hingga ruang meeting. Beliau katakan sudah keliling dan kantor PMI Papua yang paling bersih dan bagus. Mereka (JK dan Pengurus PMI Pusat) mengakui bahwa PMI Papua luar biasa,” ucap Ny. Yolanda Tinal.

Ny. Tinal sendiri, sejak memimpin PMI Papua, memang gencar mendorong pelayanan kemanusiaan PMI hingga ke seluruh daerah, bahkan hingga ke pelosok Papua. Termasuk juga pelayanan PMI di tengah pandemi Covid-19.

“Pak JK terharu melihat bagusnya kantor PMI Papua dan pelayanannya yang sangat luar biasa. Bahkan protokol kesehatan dalam menyambut kedatangan beliau pun diterapkan degnan sangat baik,” tambahnya.

“Sedangkan untuk pelayanan, sebelum Covid 19 di Papua, saya sudah gerakkan PMI untuk bagi-bagi masker dan handsanitizer sebanyak 150 ribu lebih. Termasuk juga penyemprotan disinfektan yang kita lakukan terus. Diakui Pak JK bahwa PMI Papua yang paling terbaik,” pungkasnya. (gr/nat)