Pelatih kepala Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago. Di dampingi oleh Ketua Umum Persipura, Benhur Tomi Mano dan Manajer Persipura, Rudi Maswi saat memantau seleksi Persipura di lapangan PLTD Waena bulan Januari lalu.( FOTO: Erik / Cepos)

JAYAPURA – Sang pelatih kepala, Jacksen F. Tiago menegaskan, bahwa ia akan memaksimalkan 30 pemain yang ia miliki saat ini. Bahkan pelatih asal Brasil itu mengatakan jika ia memberikan kesempatan untuk 30 pemainnya bermain secara reguler sepanjang kompetisi Liga 1 2020.

Mantan pelatih Barito Putera itu mengatakan, dalam laga tiga uji coba yang mereka lakoni, ia tetap berusaha membentuk 30 pemainnya untuk bisa saling nyetel dalam tim. 

“Saya masih mengolah terus, saya tidak fokus kepada 11 pemain saja, karena jika saya hanya fokus kepada 11 pemain berarti saya mengabaikan 19 pemain saya. Padahal 19 pemain  itu juga mayoritas,” ungkap Jacksen kepada Cenderawasih Pos via telepon selulernya, Minggu (9/2) siang kemarin. 

Meski begitu, Jacksen membeberkan jika dirinya telah mengantongi skema skuat yang akan ia gunakan untuk mengarungi kompetisi sepak bola kasta tertinggi tanah air. 

“Saya akan menguji mereka secara rata, yang jelas saya sudah memiliki gambaran soal tim saya dan saya akan mengolah sebanyak mungkin sehingga semua pemain berada pada level yang sama. Dan persaingan dalam tim lebih kuat lagi dan pasti akan lebih baik lagi,” ujarnya. 

Disinggung soal perubahan regulasi Liga 1 musim ini, dengan penambahan tiga kuota pemain menjadi 33 pemain setiap klub. Jacksen menuturkan, jika ia tidak memiliki rencana untuk menambah skuat yang ia miliki saat ini. 

“Saya rasa 30 pemain yang kami miliki saat ini sudah sangat cukup, dan lagi pula kita tidak mengikuti banyak kompetisi musim ini. Jadi Persipura tetap akan menggunakan 30 pemain,” tandanya. (eri/gin).