Beranda LINTAS PAPUA BIAK Jepang dan China Nyatakan Siap Terima Ikan dari Biak

Jepang dan China Nyatakan Siap Terima Ikan dari Biak

0
Jepang dan China Nyatakan Siap Terima Ikan dari Biak
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Biak Numfor Efendi Igiriza, SPi, MM mendampingi Dirjen  PDSPKP KKP Artati Widiarti dan rombongan langsung datang di Biak melihat dari dekat kesiapan rencana pengiriman ikan, pekan kemarin. ( foto:Fiktor/Cepos)
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Biak Numfor Efendi Igiriza, SPi, MM mendampingi Dirjen  PDSPKP KKP Artati Widiarti dan rombongan langsung datang di Biak melihat dari dekat kesiapan rencana pengiriman ikan, pekan kemarin. ( foto:Fiktor/Cepos)

BIAK-Rencana Pemerintah Kabupaten Biak Numfor akan mengekspor ikan ke luar negeri, khususnya Jepang dan China pada dasarnya tinggal menunggu waktu. Berbagai syarat dan dukungan dalam mewujudkan pengiriman ikan ke luar negeri itu sudah dipersiapkan secara matang. 

  Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Biak Numfor Efendi Igiriza, S.Pi.,MM mengatakan, jika tidak ada halangan maka pengiriman ikan secara perdana ke Jepang dan China sudah bisa dilakukan di bulan Juli atau Agustus 2021 mendatang. 

   Menurutnya, dari hasil komunikasi yang telah dilakukan pihak Jepang dan China sudah siap menerima ikan yang akan dikirim dari Biak. Bahkan, pengusaha atau insvestor yang akan melakukan pengiriman ikan ke China dan Jepang juga sudah siap dan tinggal ditindaklanjuti. 

  “Pada dasarnya sudah disiapkan, kalau tidak ada kendala maka pengiriman sudah bisa dilakukan bulan Juli atau Agustus mendatang,” katanya saat dikonfirmasi Cenderawasih Pos, Rabu (26/5) kemarin. 

   Menurutnya, investor yang akan berinvestasi di bidang perikanan dalam mendukung ekspor ikan tersebut pada dasarnya sudah siap. Bahkan untuk jangka pendek kapal-kapal yang akan mendukung pendangkapan bakal digeser ke Biak dalam waktu dekat. 

  Demikian halnya dengan investor yang akan melakukan pengiriman juga sudah ada, bahkan pengusaha yang akan menampung ikan di Jepang dan China juga sudah siap. Sementara dukungan instansi atau lembaga terkait juga sudah menyatakan siap dan akan memberukan dukungan penuh. 

  “Jadi untuk stake holder dan lintas sektor yang akan mendukung kelancaran pengiriman itu pada dasarnya sudah siap, dan Pak Bupati yang langsung memimpin beberapa kali pertemuan terkait dengan  kesiapan ekspor ikan keluar negeri,” tandasnya.

   “Untuk jangka panjang pengelolaan usaha perikanan akan menjadi perhatian serius dan ini mulai disikapi, namun untuk jangka pendek akan dilakukan pengiriman ikan secepatnya. Terkait dengan dukungan sarana dan prasana sudah ada, dan yang kurang terus disiapkan,” kata  Efendi.

  Seperti yang diberitakan sebelumnya, terkait dukungan rencana ekspor ikan dari Biak ke luar Negeri, Dirjen  Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Artati Widiarti dan rombongan langsung datang di Biak pekan kemarin mengunjungi sejumlah lokasi serta melihat dari dekat kesiapan rencana pengiriman ikan dimaksud.(itb/tri) 

error: Content is protected !!