Beranda BERITA UTAMA Jenazah Wagub Dimakamkan di Pekuburan Keluarga

Jenazah Wagub Dimakamkan di Pekuburan Keluarga

0
Jenazah Wagub Dimakamkan di Pekuburan Keluarga
Bupati Mimika, Eltinus Omaleng saat melakukan tabur bunga di pusara Wagub Papua, Klemen Tinal, SE., MM., di pekuburan Keluarga Tinal di Jalan Cenderawasih SP3 Distrik Kuala Kencana, Timika, Kabupaten Mimika, Senin (24/5). ( FOTO: Yohana/Cepos)
Bupati Mimika, Eltinus Omaleng saat melakukan tabur bunga di pusara Wagub Papua, Klemen Tinal, SE., MM., di pekuburan Keluarga Tinal di Jalan Cenderawasih SP3 Distrik Kuala Kencana, Timika, Kabupaten Mimika, Senin (24/5). ( FOTO: Yohana/Cepos)

TIMIKA-Jenazah almarhum Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Papua, Klemen Tinal, SE., MM., Senin (24/5) kemarin dimakamkan secara militer di pemakaman Keluarga Tinal di  Jalan Cenderawasih SP3, Distrik Kuala Kencana, Timika, Kabupaten Mimika.

Upacara pemakaman tersebut dipimpin Bupati Mimika, Eltinus Omaleng.

Sebelum dimakamkan, jenazah yang disemayamkan di Pendopo milik Pemkab Mimika diserahkan oleh pihak keluarga kepada Pemkab Mimika sebagai wakil pemerintah RI. Prosesi penyerahan jenazah ini dimulai sekira pukul 10.33 WIT.

Setelah itu, jenazah langsung dibawa ke gereja GKII Betlehem Elisabet Tinal di Kuala Kencana untuk dilakukan ibadah pelepasan jenazah. 

Dari pantauan Cenderawasih Pos, terlihat istri almarhum Ny. Yolanda Tinal bersama tiga anak almarhum Lidia Natalia Tinal, William Tinal dan Daud Salomon Tinal berada di samping peti jenazah. Keluarga didampingi istri Gubernur Papua, Ny. Yulce Enembe dan adik almarhum Trifena Tinal dan Yansen Tinal. 

Usai ibadah pelepasan jenazah, peti jenazah langsung dibawa ke pemakaman Keluarga Tinal untuk dimakamkan secara militer dengan inspektur upacara Bupati Mimika Eltinus Omaleng.

Jenazah tiba di lokasi pemakaman sekira pukul 14.30 WIT. Selain pihak keluarga, terlihat hadir dalam upacara pemakaman di antaranya Forkopimda Provinsi Papua, Ny. Yulce Enembe, pejabat di lingkungan Pemprov Papua, pimpinan dan anggota DPRP dan MRP, pejabat di lingkungan Pemkab Mimika, anggota TNI-Polri dan masyarakat.  

“Atas nama Negara dan Bangsa, saya sampaikan turut berduka cita yang sangat mendalam. Semoga amal ibadah dan perbuatan almarhum diberikan tempat yang lebih baik di sisi Tuhan Yang Maha Esa,” ucap Bupati Mimika Eltinus Omaleng.

Dalam kesempatan itu, Bupati Eltinus Omaleng berharap seluruh keluarga diberikan kekuatan dan ketabahan dalam menghadapi situasi kedukaan ini. Karena yang ditinggalkan akan tetap melanjutkan pengabdian dari almarhum semasa hidupnya. 

Sementara itu, Asisten Bidang Pemerintahan Setda Provinsi Papua, Doren Wakerkwa mewakili Pemerintah Provinsi Papua menyampikan, Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal dan Gubernur Papua, Lukas Enembe merupakan pemimpin di Provinsi Papua.

“Kami Pemerintah Provinsi Papua, masyarakat Papua berduka atas meninggalnya almarhum Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal SE, MM. Kami percaya sebagai umat kriten, bapak Klemen Tinal bersama-sama dengan Allah dalam Kerajaan Sorga. Kenapa sampai saya katakan demikian, karena kebaikan beliau terhadap umat manusia di atas tanah ini sangat luar biasa,” ucapnya.

Lanjutnya, semua yang telah terjadi saat ini di luar dari kemampuan manusia. Papua menurutnya benar-benar kehilangan seorang pemimpin seperti almarhum. Sosok seorang pemimpin yang bijaksana, baik dan bertanggung jawab. “Selamat jalan Bapak. Klemen Tinal, ada waktu kita bertemu lagi,” pungkasnya. (ana/nat) 

error: Content is protected !!