* Ketua IV Bidang Pembanguan Infrastruktur PON XX Tancap Gas

Kepala Dinas PUPR Provinsi Papua, Girius One Yoman saat memaparkan setiap titik ruas jalan yang akan menjadi jalan utama, jalan menuju venue serta jalan alternatif saat pelaksanaan PON XX 2021 Papua tahun mendatang. Setidaknya ada 38 ruas jalan yang ditingkatkan oleh Dinas PUPR dalam mendukung suksesnya PON, Selasa (29/9) di ruang rapat Dinas PUPR Papua. ( FOTO: Erick/Cepos)

JAYAPURA – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Papua tidak hanya disibukkan dengan beberapa pembangunan arena venue PON XX Papua. Tapi Dinas PUPR juga kini sedang menyelesaikan pekerjaan ruas jalan yang akan mendukung pelaksanaan event olahraga empat tahunan tersebut.

Diketahui, selain jalan utama utama, setidaknya ada sekitar 38 ruas jalan yang kini ditingkatkan, baik ruas jalan yang menuju ke venue pelaksaan PON maupun ruas jalan alternatif yang berada di klaster Kota dan Kabupaten Jayapura.

Kepala Dinas PUPR Provinsi Papua, Girius One Yoman mengaku, progres secara keseluruhan peningkatan ruas jalan saat ini telah mencapai progres 80 persen dan ditargetkan rampung 100 persen di tahun 2021 sebelum pelaksanaan PON XX pada bulan Oktober.

“Kami mulai peningkatan ruas jalan dari Bandara Sentani sampai Base G (Kota Jayapura). Jalan induknya itu warna kuning, biru menunjukkan lokasi arena PON, dan merah sebagai ruas penghubung atau alternatif saat ada kemacetan saat pertandingan,” ungkap Kadis Yoman kepada awak media saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (29/9).

“Sifatnya ada yang sedang dikerjakan dan ada yang sudah di kerjakan. Jadi Dinas PUPR Provinsi Papua sudah siapkan jalan alternatif saat PON, pekerjaannya akan sampai tahun 2021 untuk mencapai progres 100 persen,” sambungnya.

Tentu apa yang telah dilakukan oleh Dinas PUPR Papua terus membangun optimisme Papua sebagai tuan rumah yang baik dalam pesta olahraga terbesar se tanah air itu.

“Ini baru khusus untuk bidang jalan dan jembatan, kedepannya kami akan paparkan kesiapan venue PON. Jadi ini persiapan antisipasi PUPR jelang PON, PUPR sudah siapkan infrastruk jalan dan jembatannya,” ujar Yoman.

Pria yang juga merupakan Ketua IV bidang Pembanguanan Infrastruktur PON XX Papua itu berharap, masyarakat Kabupaten/kota Jayapura harus mengetahui ruas-ruas jalan yang telah dipugar oleh Dinas PUPR, agar saat pelaksaan PON XX Papua tahun mendatang, masyarakat telah mengetahui jalan-jalan alternatif saat menemui kemacetan.

Pasalnya Yoman mengaku, saat pelaksaan PON, kemacetan bisa saja terjadi. Tapi ia berharap, melalui peningkatan ruas jalan alternatif serta jalan menuju venue dapat mencegah kemacetan agar pesta PON XX Papua bisa terlaksana dengan baik.

“Masyarakat kota dan kabupaten Jayapura harus tahu ruas-ruas ini. Ini adalah salah satu bentuk kesiapan PUPR Papua dalam mendukung PON,” tandasnya. (eri/nat)