Liga 1 Indonesia 2021

JAYAPURA – Federasi sepak bola Indonesia atau PSSI itu sudah mendapatkan surat izin rekomendasi untuk menggulirkan Liga 1 dan Liga 2 2021 dari BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).

Tentu kabar tersebut menjadi angin segar bagi PSSI dan operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru atau LIB untuk bisa menjalankan kompetisi pada 27 Agustus mendatang. PSSI maupun PT LIB telah mengeluarkan jadwal resmi, Selasa (24/8) kemarin.

Kompetisi BRI Liga 1 rencananya akan akan menerapkan sistem bubble to bubble seperti pada gelaran Piala Menpora 2021 silam. Sistem ini nantinya akan membagi perhelatan Liga 1 2021 menjadi enam seri yang digelar di berbagai provinsi di Pulau Jawa.

Liga 1 tetap dengan kompetisi penuh dengan menggelar 306 pertandingan. Nantinya ada enam seri yang akan digelar oleh PSSI.

Dari rencana awal, hanya ada enam lokasi yang akan digunakan yaitu Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta.

Seri Pertama digelar di Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat, seri kedua di Jawa Tengah dan Yogyakarta, seri ketiga dan keempat di Jawa Timur, seri kelima di Jawa Tengah dan Yogyakarta, kemudian seri keenam di Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat.

Nantinya setiap seri digelar selama satu setengah bulan dan akan ada jeda sebelum memasuki seri berikutnya.

Diketahui syarat pertama yang akan diikuti seluruh pihak yang terlibat dengan kompetisi wajib menjalani tes antigen/PCR dan mendapatkan vaksin dosis kedua.

Satgas juga mewajibkan penerapan protokol kesehatan 3M (memakai masker, menjaga jarak minimal 1,5 meter, dan mencuci tangan dengan sabun/hand sanitizer).

Terakhir, pertandingan digelar tanpa penonton di ruangan stadion atau tempat kegiatan dan dapat disiarkan atau disebarluaskan secara daring.

Menanggapi hal itu, klub Persipura Jayapura menyambut baik kompetisi yang akan digelar dua hari lagi. Sesuai jadwal awal, Persipura dijadwalkan akan menghadapi Persita Tangerang pada hari kedua 28 Agustus mendatang di Stadion Pakansari Bogor.

Media Officer Persipura Jayapura, Evert Joumilena mengatakan bahwa Persipura saat ini terus mematangkan persiapan di Kota Batu Malang, Jawa Timur. Kata Evert, Ian Kabes dan kolega sudah siap bertarung pada kompetisi tertinggi tanah air tersebut.

“Persipura pada prinsipnya sudah siap mengikuti laga tanggal 27 Agustus dan terus melakukan pemantapan yang dipimpin langsung oleh coach Jacksen dan Breno dan official lainnya,” ungkap Evert kepada awak media, Selasa (24/8).

Evert membeberkan, bahwa jelang kick off, pasukan Mutiara Hitam julukan Persipura terus melakukan latihan pagi – sore. Menurutnya, Persipura saat ini sudah sangat siap menghadapi Persita di Laga awal.

“Selain latihan pagi, sore hari juga dilakukan game internal. Kami juga harapkan dukungan masyarakat Papua dan semua fans Persipura, kita bersama sama doakan kompetisi BRI Liga 1 2021 dapat berjalan baik, meskipun harus melewati protokol kesehatan serta mendoakan Persipura dalam kesiapan pada laga kompetisi tersebut,” pungkasnya. (eri/gin).