Skuad Persipura Jayapura (FOTO: Erik / Cepos)

JAYAPURA – Nasib kompetisi Liga 1 dan Liga 2 masih digantung oleh PSSI dan PT LIB selaku operator kompetisi. Usai mendengarkan masukan dari semua pemilik klub Liga 1 dan Liga 2 dalam rapat virtual, PSSI dalam waktu dekat akan menentukan nasib kompetisi.

Dalam rapat virtual beberapa hari lalu, beberapa klub memilih untuk tetap melanjutkan kompetisi, namun beberapa klub juga meminta agar kompetisi dihentikan secara permanen.

Bahkan beberapa juga klub memberikan solusi dengan meminta kompetisi Liga 1 dan Liga 2 dihentikan, kemudian diganti dengan turnamen.

Mantan kapten Persipura Jayapura, Fernando Fairyo menyebutkan, bahwa baiknya PSSI dan PT.LIB lebih mengutamakan kelematan bersama ketimbang harus memaksakan menjalankan kompetisi di tengah Pandemi yang masih terus meningkat.

Menurutnya, bila harus memaksakan menjalankan kompetisi harus mendapatkan izin dari pemerintah dan menerapkan protokol kesehatan dalam pencegahan covid-19.

“Melihat situasi saat ini memang situasi yang tidak diinginkan, tapi kita tetap mengacu pada putusan pemerintah. Mau lanjut atau tidak, tetap mengikuti putusan pemerintah,” ungkap pria yang akrab disapa Nando itu kepada Cenderawasih Pos saat dihubungi via telepon selulernya, Kamis (28/5) siang kemarin.

Sementara soal opsi lain bila kompetisi dihentikan kemudian diganti dengan turnamen. Menurut Nando, hal tersebut sah-sah saja bila semua klub tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Kalau masalah turnament, tentu sangat berdampak ke pemain, mereka bisa menyalurkan hasil latihannya selama ini,” tutup Nando. (eri/gin).