Gabungan TNI dan Polres Merauke saat menggelar apel  dalam rangka pengamanan menghadapi  1 Desember di halaman Mako Polres Merauke, Sabtu (30/11). Sulo/Cepos

MERAUKE- Dalam rangka   mengantisipasi  berbagai ancaman  keamanan  di Merauke   terkait dengan   perayaan 1 Desember  yang disebut-sebut   sebagai hari kemerdekaan  bangsa Papua, Polres   bersama jajaran TNI   di Merauke mempertebal  patroli dan pengamanan.  

  Kapolres Merauke AKBP  Agustinus Ary Purwanto, SIK didampingi   Dandim 1707 /Merauke Letkol Inf.  Eka Chandra  pada apel persiapan patroli dan pengamanan  1 Desember  tersebut mengingatkan seluruh anggota yang   terlibat  untuk  tidak gampang meletuskan  senjata.

  “Saya ingatkan, jangan gampang    meletuskan senjata.  Jangan  gampang membunyikan senjata. Tolong jangan sampai ada tembakan-tembakan yang tidak   perlu. Senjata   digunakan untuk pembelaan kita dan membela masyarakat umum, ketika ada nyawa masyarakat yang terancam  dan ketika ada nyawa anggota sudah mau terancam, maka senjata bisa kita gunakan  tapi tentunya dengan perhitungan dan sasaran yang terukur,’’ tandas Kapolres.  

  Kapolres  juga meminta kepada seluruh personel yang  telibat  apabila di lapangan ada  hal-hal yang tidak sepatutnya terjadi untuk segera koordinasikan  untuk dilakukan tindakan tegas dengan mengamankan yang bersangkutan. “Tapi ingat, kita tetap berprinsip pada  sisi-sisi  humanis. Ini harus dilakukan. Karena bagaimanapun mereka adalah masyarakat kita. Mereka adalah bagian dari rakyat kita. Jangan ada  anggota yang bertindak berlebihan,” tandasnya.  

   Kapolres menjelaskan jumlah  personel yang diturunkan  baik dari Polres, Brimob dan   TNI  yang diturunkan  sebanyak 450  personel.   Hingga Minggu (1/12), situasi  keamanan dan ketertiban di Kabupaten  Merauke   berlangsung kondusif . Tidak   ada hal-hal yang menonjol dan tidak ada  aktivitas   yang berseberangan dengan NKRI.

   Mantan Kapolres Puncak ini memberikan  apresiasi kepada seluruh masyarakat  Kabupaten Merauke yang mampu menjaga situasi  dan kamtibmas  di  Merauke  tetap  kondusif.   Meski kamtibmas di Merauke  kondusif, namun lanjut Kapolres patroli dan deteksi dini tetap  dilaksanakan. ‘’Untuk patroli dan deteksi dini  tetap kita laksanakan sampai malam hari,’’ terangnya  kemarin. (ulo/tri)