Kondisi jalan dari Kampung Yagara menuju ke lokasi pelaksanaan FBLB yang telah diperbaiki sehingga dipastikan tak ada hambatan saat pembukaan. ( FOTO : Denny/ Cepos )

WAMENA-Menjelang pembukaan FBLB, Pemkab Jayawijaya terus berbenah dengan memperlebar dan memperbaiki jalan dari Kampung Yagara menuju ke Distrik Welesi dengan meminta bantuan dari beberapa kontraktor yang menjadi rekanan pemerintah.

  Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua mengakui jika pengerjaan jalan  menuju ke lokasi perang –perangan di welesi ini tidak masuk dalam penganggaran pelaksanaan FBLB ini. Hanya pemerintah meminta dukungan dari kontraktor yang ada di Jayawijaya untuk membantu pemerintah memperbaiki akses jalan ini.

  “Akses jalan menuju tempat pelaksanaan FBLB ini hanya satu, maka jalan ini perlu diperlebar dan diperhalus agar pengunjung yang datang ini tidak terganggu dengan akses jalan ini,”ungkapnya saat ditemui di Bandara Wamena, Selasa (6/8).

  Bupati memastikan jika pengerjaan jalan ini tidak semua kontraktor dilibatkan, ini pemerintah hanya meminta bantuan seperti kendaraan angkutan, alat berat untuk membuka jalan maupun yang menghaluskan badan jalan, ini semua dari kontraktor yang ada dan mereka berpartisipasi untuk mensukseskan pelaksanaan FBLB ini.

  “Artinya mereka juga mengambil bagian untuk mensukseskan festival ini , karena tidak semua hal harus dilakukan oleh pemerintah dan panitia pelaksanaan sehingga ada beberapa kontraktor yang bisa berkomunikasi untuk meminta bantuan,”jelasnya.

  Menurutnya, jika dilihat memang ada beberapa akses jalan yang memang sangat sempit bahkan tak bisa dilalui oleh dua kendaraan  saling berlawanan, sehingga pemerintah berupaya untuk memperlebar jalan tersebut agar dalam pelaksanaan FBLB ketika dilalui kendaraan nanti tak ada hambatan.

  “Jalan masuk dari Kampung Yagara ini kecil tidak bisa dilalui oleh kendaraan baik yang dari Welesi atau dari Wamena sehingga perlu untuk kita perlebar dan itu sudah dilakukan oleh beberapa kontraktor di sana,”jelas Bupati.

  Ia menegaskan untuk pelebaran dan perbaikan jalan ini paling lambat sehari sebelum kegiatan sudah dirampungkan semuanya. Karena, hari ini semua tahapan untuk persiapan sudah harus selesai dan tinggal menunggu pembukaan pelaksanaan FBLB. (jo/tri)