Jaga Terus Kerukunan, Toleransi Beragama di Kota Jayapura

JAYAPURA-Pemerintah Kota Jayapura menerima penghargaan Harmony Award Tahun 2020 oleh Kementerian Agama RI, yang diserahkan Menteri Agama RI  Yaqut Cholil Qoumas Selasa  (5/1) kemarin.

Wakil Wali Kota Jayapura Ir.H.Rustan Saru, MM. yang menerima penghargaan Harmony Award dari Kementerian Agama RI, sebagai salah satu kota yang bisa menjaga kerukunan toleransi kerukunan antar umat beragama di Kota Jayapura dengan baik, berjalan dengan rukun aman dan damai, yang bisa melaksanakan komunikasi yang efektif dengan semua lintas agama termasuk dengan pemuka lintas agama di Kota Jayapura.

“Tentu ini dapat kita capai hasil kerjasama dengan semua pihak baik dari FKUB, tokoh agama baik kalangan muslim, protestan, hindu dan budha dan juga pihak keamanan TNI/Polri serta dukungan dari perguruan tinggi maupun seluruh masyarakat Kota Jayapura yang bisa menjaga Kota Jayapura kondusif, aman, tentram, damai sehingga para umat beragama di Kota Jayapura dalam menjaga aktivitas dan ibadahnya bisa nyaman tanpa ada gangguan apapun,’’jelasnya.

Ditambahkan, selama ini dalam merayakan hari besar keagamaan para umat beragama di Kota Jayapura entah Kristen, hindu, Budha, islam saling membantu, menjaga dalam menjaga toleransi, sehingga melalui penghargaan ini bisa menunjukkan hal yang sangat luar biasa di Kota Jayapura.

  Sementara itu, Wali Kota Jayapura Dr Benhur Tomi Mano, MM, mengakui,  penganugerahan HARMONY AWARD daerah dan FKUB tahun 2020 diberikan kepada 30 orang terdiri dari 5 Gubernur, 5 bupati, 5 wali kota, 15 Ketua FKUB dari Provinsi dan Kabupaten, Kota di Indonesia. Untuk Kota Jayapura yang menerima Wali Kota Jayapura.

Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano sangat bersyukur ini suatu bukti bahwa Kota Jayapura adalah miniaturnya Indonesia, yang mampu menjaga persatuan dan kesatuan dalam kebhinekaan, walaupun berbeda suku, agama, budaya namun dalam menjaga kerukunan dan toleransi umat beragama serta persatuan dan kesatuan masih terjalin dan terpupuk dengan baik.

  “Kota Jayapura adalah rumah kita, istana kita, dan honay kita, mari kita terus jaga siapapun yang tinggal di Kota Jayapura adalah warga Kota Jayapura yang harus mau melindungi, menyayangi, merawat dan ikut menjaga kota ini tetap aman, nyaman dan damai seperti dalam Motto pembangunan Kota Jayapura yakni Satu Hati Membangun Kota Jayapura u ntuk kemuliaan Tuhan,’’katanya.(dil/wen)