Beranda BERITA UTAMA Jacksen Akui Timnya Belum Siap Untuk AFC

Jacksen Akui Timnya Belum Siap Untuk AFC

0
Jacksen Akui Timnya Belum Siap Untuk AFC
Pemain Persipura Jayapura, Dony Monim saat berduel dengan pemain Persik Kediri dalam laga ujicoba di Stadion Brawijaya Kediri, Sabtu (5/6). ( FOTO: Bagas Jawa Pos)

2 Persipura Jayapura-Persik Kediri 1

Pemain Persipura Jayapura, Dony Monim saat berduel dengan pemain Persik Kediri dalam laga ujicoba di Stadion Brawijaya Kediri, Sabtu (5/6). ( FOTO: Bagas Jawa Pos)

JAYAPURA-Untuk pertama kalinya, Persipura Jayapura menghadapi tim yang selevel dalam laga ujicoba saat bersua dengan Persik Kediri di Stadion Brawijaya Kediri, Sabtu (5/6). 

Dalam laga ujicoba yang ketujuh, pasukan Mutiara Hitam sukses meraih kemenangan 2-1. Dua gol Persipura hadir dari sang kapten Boaz Solossa, dan gol Persik diciptakan oleh mantan punggawa Persipura, Andri Ibo.

Meski sukses menuai kemenangan, namun sang juru taktik Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago belum begitu puas. Bahkan pelatih asal Brasil itu mengaku jika timnya belum siap untuk ukuran Piala AFC 2021.

“Puas tidak juga, karena ini bukan level AFC. Level AFC jauh lebih tinggi dari ini. Kelihatan tim kita masih belum siap untuk ke level berikutnya. Mungkin untuk ukuran level Indonesia itu cukup. Tapi kalau AFC kita harus tingkatkan permainan, agresifitas dan organisasi kita. Dari pemahaman taktikal, kita harus jauh lebih baik. Karena tingkat AFC itu lebih tinggi daripada level yang kita bermain di Indonesia,” ungkap Jacksen kepada awak media usai pertandingan.

Selain itu, Jacksen juga melihat masih banyak pekerjaan rumah  yang akan mereka lakukan ke depan. Termasuk lini belakangnya yang dianggap belum begitu solid.

“Bagaimana cara kita menghadapi lawan yang andalkan long-ball ke sektor pertahanan kita, bagaimana back-four kita bisa lebih kompak. Di awalnya mereka sering nembus di wing-back kiri atau kanan karena long-ball mereka, wing-back kita selalu keluar dari posisinya. Babak kedua kita sudah mulai rapi sektor pertahanan. Sehingga begitu ada long-ball itu kita sudah bisa duel di zona tersebut. Saya rasa hal-hal seperti itu dari aspek taktikal,” jelas Jacksen.

Meski begitu, Jacksen tetap memuji penampilan pemainnya. Dimana di setiap laga uji coba terus menunjukan perkembangan yang baik. Apalagi, ini pertama kalinya mereka menghadapi tim yang selevel. 

Jacksen juga mengaku, Persik Kediri belum tampil maksimal dalam laga ujicoba. Pasalnya mereka masih minus beberapa pemain pilarnya, termasuk pemain asingnya.

“Pertandingan pertama lawan klub Liga 1 kita tahu bahwa dengan pertandingan yang selevel dengan kita pasti kita akan mendapat tantangan dan tekanan yang berbeda. Hari ini atmosfer boleh dikatakan atmosfer pertandingan resmi. Ada benturan, ada keputusan dari wasit, dan banyak hal,” ucap Jacksen. 

“Pressure Persik cukup bagus itu yang saya bilang ciri khas mereka tetap ada. Kita tahu dari dulu Persik Kediri begitu main di Stadion Brawijaya mereka tekan lawan terus menerus. Kita bisa melihat mereka tidak berpikir main dari kaki ke kaki, tapi bola langsung disodor ke pertahanan kita untuk menekan kita di daerah pertahanan. Bagaimana secepat mungkin mencapai sektor pertahanan lawan dan langsung ke kotak penalti, dan itu ciri khas Persik,” pungkas Jacksen.

Sekedar diketahui, pasca menghadapi Persik Kediri, pasukan Merah Hitam, Minggu (6/6) kemarin langsung bertolak ke Jakarta untuk melanjutkan pemusatan latihan sebelum terbang ke Singapura guna melakoni fase grup H Piala AFC 20219. 

Persipura dijadwalkan lebih dulu menghadapi wakil Malaysia, Kedah Darul Aman di Stadion Nasional Singapura pada 29 Juni mendatang. (eri/nat)

error: Content is protected !!