LATIHAN: Pemain Persipura Ian Louis Kabes dan Boaz Solossa saat menjalani latihan di Stadion Mandala Jayapura pada musim 2019 lalu. (FOTO:Erik/Cepos)

JAYAPURA-Kick off laga perdana Liga 1 2020 musim ini direncanakan digulir pada 29 Februari, sementara Persipura baru melakoni laga pertamanya pada 1 Maret kontra PSIS Semarang.

Namun Persipura sedikit kurang siap jelang laga perdananya. Mengingat sang pelatih kepala, Jacksen F. Tiago mengaku timnya saat ini belum begitu mumpuni. Pasalnya pelatih asal Brasil itu menilai bahwa jelang pertandingan pertama, timnya sangat minim uji coba sesama tim selevel Liga 1.

Meski Persipura sudah melakoni 6 kali laga uji coba, namun hanya dua diantaranya dengan sesama tim Liga 1. Bermain imbang 2-2 dengan tim promosi Persita Tangerang dan kembali ditahan imbang 1-1 dengan PSS Sleman. 

Kata Jacksen, seharusnya Boaz Solossa dan kawan-kawan melakoni setidaknya paling kurang 5 kali uji coba sesama tim Liga 1.

“Sulit menilai, karena kita baru melakukan dua kali uji coba dengan tim selevel dengan kita. Seharusnya lebih banyak, sekitar lima kali. Yang jelas kita mengawali kompetisi kita membutuhkan beberapa hal untuk menjadi tim yang sempurna karena jumlah uji coba kita sangat minim,” ungkap Jacksen kepada Cenderawasih Pos via telepon selulernya, Senin (24/2) siang kemarin. 

“Kemarin kita dengan Persita dengan sebuah konsep bermain berbeda. Kemudian dengan PSS Sleman, seharusnya dua kali lagi. Misalnya Persib atau PSM,” sambungnya.

Kata Jacksen, beberapa hal membuat mereka kesulitan untuk mencari calon lawan uji coba. Sebab, beberapa tim Liga 1 pada bulan ini disibukkan dengan jadwal Piala Gubernur Jawa Timur dan AFC.

Meski begitu, Jacksen tetap optimis, secara perlahan timnya bisa menemukan permainan terbaik mereka saat kompetisi telah berjalan. “Tapi saya yakin di Liga nanti pelan-pelan tim kita pasti menemukan permainan terbaik,” pungkasnya. (eri/nat)