Jacksen Tiago. (FOTO : ERIK / CEPOS)

JAYAPURA – Hingga pekan ke-26, Persipura Jayapura kini berhasil menempati peringkat tiga klasemen sementara dengan mengemas 43 poin dari 24 pertandingan. Persipura hanya terpaut 1 poin dari Madura United di posisi dua dan terpaut 12 poin dari Bali United di puncak klasemen yang juga sudah memainkan 24 pertandingan.

Kehadiran sang pelatih Jacksen Tiago dalam tim Persipura perlu diapresiasi, pasalnya ketika pelatih asal Brasil itu tiba, timnya dalam keadaan yang kurang baik, bahkan Persipura saat ini sempat menjadi penghuni zona degradasi. Namun dengan tangan dingin dan pengalaman Jacksen bersama Mutiara Hitam julukan Persipura, ia mampu mengangkat Persipura dari zona degradasi dan kini menempati peringkat ketiga.

Bahkan Persipura kini memiliki kans besar untuk menggeser Madura United di posisi kedua, pasalnya Madura United saat ini sudah melakoni 26 pertandingan, dibanding Persipura yang baru bermain 24 pertandingan. Tentu dengan jarak satu poin, Boaz Solossa dan kawan-kawan memiliki peluang untuk menggeser Madura United.

Tak hanya Madura United, Persipura juga masih memiliki harapan untuk bisa keluar sebagai juara diakhir musim. Apalagi 10 partai sisah Persipura, 2 diantaranya berhadapan dengan Bali United. Jika Persipura mampu menyapuh bersih 10 pertandingan sisah, dan berharap Bali United terpeleset di 4 partai (2 lawan Persipura) dari 10 pertandingan, maka dipastikan Persipura dan Bali United akan sama-sama finish dengan 75 poin, dan Persipura otomatis unggul head to head dan bisa meraih gelar juara yang kelima kalinya.

Namun sang pelatih Jacksen Tiago menjelaskan, bahwa ia tidak begitu memaksakan bisa meraih gelar juara musim ini. Apalagi jarak timnya dengan Bali United masih terpaut 12 poin, serta manajemen pun hanya menaruh harapan Jacksen musim ini mampu membawa Persipura masuk dalam 10 besar.

“Sebenarnya dari awal kita diberikan target oleh manajemen dengan tim ini, hanya 10 besar saja, kemudian kita masuk, kita melihat ada peluang untuk kita mengemas sesuatu yang lebih kemudian kita akhirnya bisa lolos lima besar,” ungkap Jacksen kepada Cenderawasih Pos saat dihubungi via telepon selulernya, Senin (4/11) siang kemarin.

Meski begitu, dengan performa timnya saat ini Jacksen pun mulai percaya diri timnya masih bisa mengejar Bali United di puncak klasemen saat ini. “Ketika kita di sona ini, kita merasa kita bersaing dengan tim yang di atas, meski kita tahu bukan perkara mudah harus butuh perjuangan yang sangat luar biasa dan terlebih lagi pertolongan dari Tuhan. Resepnya kerja keras, dan komitment dari pemain sehingga kita bisa meraih hasil seperti ini,” tandasnya. (eri/gin).