Pelaksanaan rapat TPID (Tim Pengendalian Inflasi Daerah) Provinsi Papua, di Swiss-Belhotel Jayapura, Kamis (18/2) kemarin. ( FOTO: Yohana/Cepos)

JAYAPURA – Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal menjelaskan, rapat TPID (Tim Pengendalian Inflasi Daerah) merupakan kegiatan rutin yang setiap tahunnya di evaluasi.

 Kali ini inflasi di Papua sangat baik dan harus terus dipertahankan. “Inflasi Papua masih sangat rendah jika dibandingkan dengan nasional, kita harap hal ini dapat terus dipertahankan, bahkan kalau bisa kita lebih baik lagi ke depan,”ungkap Klemen kepada Cenderawasih Pos, Kamis (18/2).

 Lanjutnya, Pemerintah Provinsi Papua sebagai wakil pemerintah pusat, juga telah menyampaikan kepada teman-teman BUMN yang ada di Papua agar mereka dapat menyampaikan kendala-kendala yang dihadapi. 

 ‘’Kami berikan waktu satu minggu untuk menyampaikan, sehingga pemerintah provinsi dapat menindaklanjuti, baik secara internal maupun dikoordinasikan kepada kementerian ataupun presiden.  Kalau memang signifikan menyangkut kepentingan rakyat banyak, seperti halnya tol laut dan sebagainya,” terangnya.

 Sementara itu Kepala Bank Indonesia Provinsi Papua, Naek Tigor Sinaga mengungkapkan,  sebagai tim pengendali inflasi, pihaknya sangat mengapresiasi upaya Pemerintah Papua yang terus bekerja sama mendorong dan bekerja sama dalam hal melihat inflasi Papua yang terus tumbuh positif. 

“Ini menggambarkan bahwa potensi-potensi yang ada di Papua bisa kita kembangkan ke depan dan pada kesempatan ini kita memang melakukan rapat TPID dengan basis 4K yaitu Keterjangkauan Harga, Ketersediaan Produksi, Kelancaran Distribusi dan Komunikasi yang Efektif,” terangnya.

 Nantinya setiap hasil dari rapat tersebut akan dikomunikasikan dalam waktu satu minggu sesuai dengan waktu yang diberikan oleh Wagub.(ana/ary)