JAYAPURA-Kabar duka terkait penanganan virus Corona atau Covid-19 kembali disampaikan Satgas Covid-19 Provinsi Papua, Rabu (17/6).

Juru Bicara Satgas Covid 19 Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule, Sp.OG(K)., menginformasikan, satu orang pasien Covid-19 di Kota Jayapura dilaporkan meninggal dunia. Pasien berusia 57 tahun ini menurut dr. Silwanus, sempat menjalani perawatan di rumah sakit mitra kurang lebih satu minggu. 

Dari pemeriksaan rekam  medik, pasien menurutnya tidak memiliki penyakit penyerta. Namun, infeksi virus Corona mengakibatkan adanya gangguan pada fungsi ginjal. “Kondisi inilah yang menyebabkan yang bersangkutan mengalami keracunan akibat fungsi ginjal yang terganggu, sehingga kemudian meninggal dunia,” ungkapnya, kemarin. 

Diakuinya, berbagai upaya telah dilakukan oleh tim medis selama menangani pasien. Namun karena infeksi virus Corona yang sangat ganas, pasien akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya, Rabu (17/6) dini hari sekira pukul 3.00 WIT.

“Satgas Covid 19 Provinsi Papua menyampaikan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya, terlebih kepada keluarga yang ditinggalkan sekiranya diberikan ketabahan, kekuatan, dan penghiburan dari Tuhan,” ucapnya.

Sementara itu, kasus positif baru di Provinsi Papua menurut dr. Silwanus kembali bertambah 14 kasus. Temuan 14 kasus tersebut berasal dari dua daeerah yaitu Kabupaten Mimika sebanyak 11 kasus dan Kota Jayapura sebanyak 3 kasus. 

Selain itu, bertambah juga jumlah PDP sebanyak 9 pasien, di mana 1 pasien dari Yahukimo dan 8 pasien dari Kota Jayapura.

“Orang Dalam Pemantauan (ODP) juga bertambah 32 orang dari Merauke 3 orang, Jayawijaya 4 orang, Mimika 1 orang, Boven Digoel 1 orang, Yahukimo 3 orang, Puncak 17 orang, dan Kota Jayapura sebanyak 3 orang,” tuturnya. 

Untuk pasien yang dinyatakan sembuh, dr. Silwanus menginformasikan ada 21 pasien yang dilaporkan sembuh. Dari jumlah tersebut 12 pasien berada di Kabupaten Mimika dan sisanya 9 pasien berada di Kota Jayapura. 

Dengan hasil tersebut, dr. Silwanus memberikan apresiasi tinggi kepada seluruh petugas kesehatan, petugas surveilans, dan petugas laboratorium yang telah  bekerja maksimal, sehingga 21 pasien Covid-19 dapat dinyatakan sembuh.

Dengan laporan tersebut, disimpulkan bahwa kasus positif kumulatif di Provinsi Papua mencapai 1.303 kasus. Dari jumlah ini 761 pasien masih menjalani perawatan, 526 pasien telah dinyatakan sembuh, dan terdapat 16 pasien meninggal dunia. Sedangkan ODP sebanyak 3347 orang, PDP dengan 391 pasien, dan pemeriksaan PCR mencapai 9.225 sampel. (gr/nat)