Jacksen F. Tiago (Foto /Erik/Cepos)

JAYAPURA-Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago mengatakan, bahwa Persipura masih menjajaki beberapa legiun asing untuk memperdalam skuatnya musim ini.
Pelatih asal Brasil itu menyebutkan, skuatnya saat ini mencari figur yang cocok dan bisa mengisi lini depan serta belakang pasukan Mutiara Hitam.
Pelatih berusia 52 tahun itu membeberkan, meski timnya tak ikut dalam turnamen Piala Menpora, namun mereka tetap memantau beberapa pemain asing yang ikut berkompetisi.
Menurutnya, di ajang pra musim, beberapa klub kerap melepas pemain asingnya yang dinilai kurang nyetel.
Untuk itu, Jacksen mengaku akan memantau pemain asing yang akan dilepas oleh klubnya. Apalagi hampir seluruh pemain yang mentas pada Piala Menpora baru menjalani kontrak jangka pendek, sehingga peluang klub untuk melepas pemain sangat terbuka lebar. Sehingga kemungkinan besar pemain yang dilepas oleh klubnya akan ditampung Persipura.
Namun Jacksen menegaskan, bukan berarti Persipura menampung pemain buangan. Jacksen mencontohkan David da Silva yang tampil kurang apik bersama Bhayangkara FC pada turnamen pra musim, Piala Presiden 2018, kemudian dilepas oleh Bhayangkara.
Namun David da Silva justru tampil impresif bersama klub yang menampungnya Persebaya Surabaya pada musim perdananya di Indonesia. Striker asal Brasil itu membukukan 20 gol dari 23 penampilan di Gojek Liga 1 bersama Bukalapak 2018 silam.
“Banyak pemain asing yang kita pantau di sana (Piala Menpora). Biasanya banyak pemain asing yang dilepas klubnya karena tidak cocok dengan pelatih dan bisa saja kita ambil. Bukan pemain buangan. Contoh David da Silva, dibuang di Bhayangkara dan diambil Persebaya dan kita tahu David da Silva di sana seperti apa. Semua itu tergantung lingkungan dalam timnya,” ungkap Jacksen F. Tiago dalam zoom meeting, Kamis (1/4).
Apalagi menurut Jacksen, dengan waktu yang sangat mepet serta kondisi pandemi Covid-19, sangat sulit untuk mendatangkan pemain asing. Bagi Jacksen, akan jauh lebih mudah jika mengambil pemain yang pernah bermain di Indonesia.
“Saya harapan ada pemain asing bisa gabung, kita punya slot empat. Soal siapa yang datang, nanti manajemen yang menyampaikan. Intinya untuk tipikal stiker kita mencari pemain yang mobilitas dan naluri golnya yang tinggi,” pungkasnya. (eri/nat)