Dr Benhur Tomi Mano, MM.

JAYAPURA- Dalam menyambut Hari Raya Idul Adha 1441 H/ 2020 M. Pemkot Jayapura akan menyalurkan 5 ekor sapi hewan kurban untuk 5 masjid di 5 distrik se-Kota Jayapura. Penyerahan 5 ekor sapi  hewan kurban akan dilakukan hari Kamis (30/7) besok, yang rencananya akan diserahkan langsung oleh Wali Kota Jayapura Dr Benhur Tomi Mano,MM.,Wakil Wali Kota Jayapura Ir.H.Rustan Saru, MM, serta panitia kurban Pemkot dengan jajaran OPD di lingkungan Pemkot.

 Wali Kota Jayapura Dr.Benhur Tomi Mano, MM. mengatakan, Pemerintah Kota Jayapura setiap tahun dalam merayakan hari raya Idul Adha selalu menyalurkan bantuan sapi hewan kurban di masjid dan Musala. Tapi untuk tahun ini pemberian bantuan sapi hewan kurban hanya 5 ekor sapi, beda dengan tahun-tahun sebelumnya lebih dari 10 ekor.

 Hal ini dikarenakan, adanya wabah Corona di Kota Jayapura membuat keuangan Pemkot harus dilakukan refocusing dan relokasi dalam penanganan Covid-19. Sehingga, pemberian hewan kurban tidak banyak seperti tahun lalu.

 “Penyerahan 5 ekor sapi hewan kurban ini dilakukan Pemerintah Kota Jayapura setiap tahun. Pemberian hewan kurban ini merupakan wujud salah satu visi dan misi Kota Jayapura, yaitu kota yang beriman, bersatu, dan selalu menjaga toleransi beragama,”ungkapnya.

  Lanjutnya, dengan adanya wabah Corona memang keuangan di Pemkot sangat berkurang sekali, sehingga wali kota berharap dengan turunnya pemberian hewan kurban ini tidak mengurangi maknanya, karena bagaimanapun Pemerintah tetap selalu memperhatikan umat muslim dalam merayakan hari besarnya. Dan diminta semua umat muslim selalu berdoa supaya wabah Corona ini bisa teratasi.

 Sementara itu, Wakil Wali Kota Jayapura Ir.H.Rustan Saru, MM.,menambahkan untuk perayaan hari raya Idul Adha untuk hewan kurban yang dipotong di 101 masjid maupun tempat lainnya ada 550 hewan kurban terdiri dari sapi 521 ekor dan 29 ekor kambing, dalam pembagian daging panitia kurban harus bisa mengatur dengan baik, mulai penerima daging harus memiliki kartu yang sudah dibagikan panitia, selain itu, tidak bisa ada yang menerima.  Dan kalau bisa pemotongan hewan kurban bisa dilakukan selama dua hari atau tiga hari, dalam menghindari berkumpulnya orang banyak.(dil/wen)