Ribuan pengunjung yang memadati Masjid Raya Baiturrahim saat mendengarkan tausiah dari Ustadzah Oki Setiana Dewi sebagai Duta Odoj di Masjid Raya Baiturrahim Jayapura, Sabtu (23/3).( FOTO : Elfira/Cepos)

JAYAPURA- Sebanyak ribuan masyarakat yang ada di Kabupaten Keerom, Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura meriahkan tilawah dan silaturahmi akbar Milad Odoj ke 1, di Masjid Raya Baiturrahim  Jayapura, Sabtu (23/3) lalu.

Pantauan Cenderawasih Pos, ribuan masyarakat memenuhi Masjid Raya Baiturrahim  Jayapura khusyuk dalam tausiah yang dibawakan Ustadzah Oki Setiana Dewi sebagai Duta Odoj sekaligus artis tersebut. Dalam tausiahnya, Oki Setiana Dewi mengajak pengunjung yang hadir untuk mempedomani alquran serta rajin membaca alquran dan dapat membumikan alquran di Tanah Papua.

Sementara itu, Ketua Panitia Rini Eko Setiani menyebutkan silaturahmi sekaligus merayakan 1 tahunnya Odoj bagaimana mentradisikan tilawah di Bumi Cenderawasih bersama Odoj. “Lewat silaturahmi ini, kami ingin membiasakan masyarakat muslim untuk bertilawah,” ucapnya kepada Cenderawasih Pos.

 Keinginan terbesarnya bagaimana membangun komunitas dimana masyarakat muslim setiap harinya bisa membaca alquran, kendatipun satu hari satu ayat, satu hari setengah juz,  satu hari satu juz  bahkan satu hari satu lembar. Yang paling penting, bagaimana membiasakan masyarakat muslim untuk  selalu bertilawah. “Seperti itulah yang kami harapkan, kami ingin membumikan quran dan melangitkan manusia begitulah semboyannya Odoj,” katanya. Dirinya berharap, masyarakat muslim bertilawah dan menjadikan quran sebagai kebutuhannya setiap hari.

 Sementara itu, Wakil Walikota Jayapura Rustan Saru mengajak peserta yang hadir untuk merubah perilaku, yang tadinya jarang baca alquran mulai hari ini, selepas hadir di kegiatan Odoj jadi termotivasi dan memiliki dorongan untuk memperdalam Alquran. “Ini kesempatan yang baik, satu hari bisa baca quran satu juz, satu lembar ataupun setengah lembar sungguh ini pahala yang luar biasa,” ucapnya.

 Menurut Wakil Walikota, membaca quran merupakan terapi  dan obat untuk hati dan jiwa yang sering gelisah atau bahkan yang frustasi. “Ini ajang silaturahim, kalau kita kumpul dengan mengaji bersama ini luar biasa kebaikan yang kita dapatkan, di situ dan juga menambah silaturahim menambhah persudaraan kita,” pungkasnya. (fia/wen)