Sejumlah paguyuban saat mengikuti Parade Budaya Nusantara untuk memeriahkan hari ulang tahun Kota Sentani ke-20 di Lapangan Apel Kantor Bupati Jayapura, Selasa (10/3) kemarin. ( FOTO: Robert Mboik Cepos)

SENTANI-Memperingati hari jadi kota Sentani yang ke-20, Selasa, (10/3), kemarin, seluruh paguyuban yang ada di Kota Sentani melaksanakan parade budaya nusantara di lapangan Apel Kantor Bupati Jayapura. 

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si mengapresiasi antusiasme warga nusantara yang turut serta mengambil bagian memeriahkan hari jadi Kota Sentani yang ke-20, Tahun 2020. Dia mengakui, meskipun peringatan hari jadi Kota Sentani tidak dibuat dalam acara yang meriah, tapi semangat masyarakat untuk menyemarakkannya sangat terasa.

“Sama sekali tidak tahu kalau ada kegiatan ini, tapi kami sangat berterima kasih kepada  paguyuban yang sudah ambil bagian dalam kegiatan hari ini,” ungkap Bupati Mathius Awoitauw saat memberikan sambutan dalam peringatan hari jadi Kota Sentani yang ke-20 itu.

Dia menyampaikan, di hari jadinya yang ke-20 itu, dia berharap kepada seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Jayapura untuk mempunyai rasa memiliki terhadap keberadaan Kota Sentani.

“Kota ini aman, kota ini indah, kota ini bersih tanpa sampah, itu juga tugas kita bersama, karena kita yang tinggal di sini, kita juga yang hidup di sini,” ujarnya.

Sehubungan dengan itu, pada Oktober 2020 tahun ini, Kota Sentani akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan pembukaan dan kegiatan penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON). Dimana kegiatan itu nanti akan dikunjungi oleh berbagai suku bangsa yang ada di Indonesia.

“Oleh karena itu, mulai saat ini kita membenahi lingkungan kita, tempat tinggal kita dan organisasi kita, untuk menyambut semua orang yang akan datang itu,” tandasnya.

Lanjut dia, sebagai bentuk dukungan dari masyarakat yang ada di Kabupaten Jayapura dalam menyambut event nasional itu, maka mulai sekarang semua orang yang ada di Kabupaten Jayapura harus mulai mendeklarasikan untuk menyukseskan PON tersebut.

“Kita harus nyatakan Kota Sentani, Kabupaten Jayapura ini aman, kami sangat bersahabat, kami sangat toleran dan kami siap menyukseskan PON,” tambahnya.

Kepala Distrik Sentani, Erol Y. Daiysiu mengatakan, penyelenggaraan hari ulang tahun Kota Sentani dimotori oleh kaum muda yang ada di Sentani. 

“Pemerintah distrik sangat mengapresiasi kepada pemuda yang bergerak dengan seluruh kekuatan yang ada untuk melakukan kegiatan  memeriahkan hari ulang tahun Kota Sentani,” pungkasnya. (roy/tho)