Pelaksanaan Patroli Hunting di seputar  Kota Wamena Senin (3/2) malam. Selain mengamankan kendaraan polisi juga menyita belasan botol miras. ( foto: Denny/ Cepos) 

WAMENA-Polres Jayawijaya bersama dengan Satpol PP Pemda Jayawijaya melakukan patrol hunting  pada malam hari dengan mengelilingi Kota Wamena,  Senin (3/2) malam. Dari kegiatan ini, sebanyak 16 kendaraan roda dua yang tak dilengkapi surat-surat kendaraan  diamankan. Aparat juga mendapatkan penjualan miras di Sinakma dan  mengamankan 16 botol CT dan 4 orang yang diduga sebagai penjual miras lokal tersebut.

    Kapolres Jayawijaya AKBP. Dominggus Rumaropen menyatakan patroli hunting ini disebabkan tingginya angka curanmor tahun lalu dan berbagai kasus lainnya. Sedangkan tahun ini sudah ada 3 pelaku jambret yang diamankan, sehingga ia memerintahkan fungsi operasional yang ada untuk menaikkan volume kegiatan kepolisian.

  “Saya ingin bulan Februari ini kita bisa menekan angka curanmor, dan setiap malam sudah pasti ada patroli atau gabungan fungsional yang melibatkan satpol PP sehingga kalau ada orang mabuk di tempat keramaian dan di pasar itu bisa diamankan,”ungkapnya Selasa (4/2) kemarin.

   Menurutnya, patroli hunting ini bersifat ganda, dimana selain melakukan penertiban   kendaraan yang tidak jelas, anggota juga mengamankan penjual -penjual minuman keras yang masih melakukan aktifitasnya, sehingga dalam hunting tersebut didapat kendaraan tak jelas di Pertigaan Pike, Pasar Jibama, dan Jalan Patimura.

  “Sedangkan untuk miras ini kami temukan di sebuah rumah di Sinakma yang mana saat itu ada transaksi, namun melihat patroli yang melakukan transaksi membatalkan niatnya, namun aparat yang melihat itu langsung bertindak dan melakukan pemeriksaan dan ditemukan 16 miras jenis CT yang dikemas dalam botol air Mineral,”jelas Rumaropen 

   Meski polisi bekerja untuk menertibkan kendaraan di luar, Kata Rumaropen, secara internal Propam Polres Jayawijaya juga melakukan pemeriksaan ke dalam di setiap fungsi di Polres Jayawijaya. Dimana saat ini Pihak Propam sedang merazia anggota -anggota Polres Jayawijaya yang tidak lengkap dan pelanggaran lainnya.

  “ttidak ada yang pandang bulu, semua kita periksa, kita melakukan pemeriksaan kepada masyarakat tetapi kita juga menjalankan fungsi pemeriksaan dalam kepolisian sendiri sehingga tak ada yang luput dari pemeriksaan yang dilakukan,”katanya

   Secara terpisah Kabag Ops Polres Jayawijaya AKP. Riklof Tahapari selaku perwira pengendali yang memimpin razia Hunting mengaku   sesuai dengan perintah pimpinan pihaknya melakukan patroli hunting dengan melibatkan anggota Polres Jayawijaya, Baik Dalmas, Piket Fungsi, Brimob dan Satpol PP pemda Jayawijaya.

  “Kita melakukan patroli hunting ini di seputaran kota Wamena dengan membawa kendaraan roda empat 6 unit, kendaraan roda enam 2 unit, kendaraan roda dua  sebanyak 6 unit, kita melakukan patroli di sepanjang kota Wamena sekaligus melakukan hunting kendaraan yang tak disertai dengan dokumen,”bebernya.

   Dalam razia hunting itu, lanjut Tahapari, hasil yang ditemukan ada 16 kendaraan roda dua dan juga menemukan miras jenis CT lokal yang disimpan disalah satu rumah di Sinakma sebayak 16 botol dan pelakunya sudah diamankan di Polres Jayawijaya.(jo/tri)