MERAUKE-Teka-Teki   siapa yang akan mendapatkan  rekomendasi  dari Partai  Nasional Demokrat  (Nasdem)   untuk   maju  dalam  pertarungan pemilihan kepala  daerah (Pilkada)    serentak di Merauke  terjawab sudah. Ya, partai    pimpinan  Surya Paloh  tersebut memberikan  rekomendasi kepada  bakal calon   bupati dan bakal calon wakil bupati  Merauke periode 2021-2026  Hendrikus   Mahuze-Edi Santoso. 

Bakal calon   bupati dan bakal calon wakil bupati  Merauke periode 2021-2026  Hendrikus   Mahuze-Edi Santoso saat menunjukkan surat rekomendasi  DPP NasDem  yang diberikan  langsung  oleh  Ketua Pemenangan  Pemilu  DPP NasDem Prananda  Surya Paloh,   di Kantor DPP NasDem, Jakarta,  Rabu (1/7).   ( FOTO: Ist/Cepos )

   Surat rekomendasi DPP  NasDem   tersebut ditandatangani Ketua Pemenangan  Pemilu Prananda Surya Paloh.  Dihubungi Cenderawasih Pos lewat  telepon selulerrnya, Hendrikus  Mahuze membenarkan  adanya  surat  rekomendasi  dari DPP NasDem  kepada  dirinya bersama  dengan  Edi Santoso untuk maju  pada  Pilkada  2020. “Rekomendasi   itu sudah final,” tandas  Hendrikus  Mahuze yang masih  berada di Jakarta,   Kamis (2/7).   

   Dengan    rekomendasi   dukungan  dari  NasDem  tersebut,  menurut   Hendrikus  Mahuze  pihaknya  tinggal  menunggu  rekomendasi dari DPP PKS. Dewan Pengurus Cabang (DPC) PKS  Kabupaten Merauke  kata dia  telah memberikan  dukungan  kepada pihaknya, namun finalnya  dari  DPP. “Tinggal  tunggu saja dari DPP PKS.  Mudah-mudahan dalam minggu  depan  bisa   keluar,” harapnya.   

   Dengan adanya  rekomendasi  yang diberikan  dan dikantongi  pihaknya  ini,  menurut   Hendrikus Mahuze, sesuai dengan  arahan dari DPP NasDem   untuk segera melakukan  rekonsiliasi  dengan  teman-teman  di bawah   baik dari tingkat  DPD, DPC dan  DPRD. ‘’Yang kedua kita juga segera akan meminta dukungan kepada masyarakat  untuk sama-sama membangun  Merauke kedepan  sesuai dengan visi misi   Partai  Nasdem  sendiri  restorasi dan perubahan,’’ katanya.  

   ‘’Saya pikir rekomendasi ini  bersifat final dari DPP. Sehingga DPD dan DPC  harus segera  melaksanakan perintah itu   untuk  bersama-sama dengan kami sebagai bakal  calon  untuk memenangkan Pilkada 9 Desember 2020,’’ lanjutnya.   

   Ditambahkan, bahwa dengan   adanya rekomendasi ini maka mau tidak mau, suka tidak suka seluruh  pengurus   yang ada di DPC  NasDem Kabupaten Merauke mengikuti  keputusan  DPP  NasDem yang bersifat  final  tersebut.  Diketahui, Partai  NasDem  Kabupaten Merauke pimpinan  Frederikus  Gebze   tersebut  pada  Pemilu   Legislatif   2019  lalu merupakan  partai pemenang pemilu dengan memperoleh  5 kursi  di DPRD  Kabupaten Merauke. 

   Artinya,   masih  kekurangan 1 kursi  sebagai syarat minimal   untuk  bisa maju dalam  Pilkada 2020.   Namun jika   PKS menjatuhkan  putusannya  kepada  calon pasangan  ini, maka Hendrikus Mahuze-Edi  Santoso mengantongi  9 kursi  untuk maju dalam pertarungan   kepala daerah tersebut. (ulo/tri)