Kerumunan warga melihat pemuda yang nyaris tenggelam namun berhasil diselamatkan di pantai Hamadi, minggu (23/2) foto: Lucky/ Cepos

JAYAPURA- Berniat menolong seorang anak yang terbawa arus, 6 pemuda nyaris tenggelam. Beruntung, warga sekitar datang menolong dengan perahu.  Peristiwa ini terjadi Minggu (23/2) sore di Pantai Hamadi.

  Awalnya, seperti biasa, sekelompok warga melakukan rekreasi di Pantai Hamadi, di lokasi wisata yang jaraknya kurang lebih 200 meter dari kompleks TNI AL, tepatnya belakang hotel Hamadi Beach.

  Tiba-tiba, sekira pukul 15.30, seorang anak peremuan yang diketahui bernama Lia ( 5 tahun) yang sedang mandi-mandi terseret ombak agak ke tengah. Kebetulan saat itu, sedang air pasang, ombak pun cukup besar.
   Melihat ada anak yang terseret obak, beberapa orang berniat menolong, dengan terjun ke laut. Lia berhasil ditolong dengan selamat, namun 6  pemuda diantara mereka yang ikut menolong malah terbawa digulung ombak dan terseret arus.
   Dari informasi rekan-rekan mereka yang lain, mereka yang hendak menolong dan terbawa arus tersebut sebelumya mengkomsumsi miras. Sehingga dalam keadaan setengah mabuk mereka tidak mampu menguasai diri untuk berenang dengan baik, akhirnya kelimanya terbawa dan terseret ombak yang memang cukup besar. Mereka nyaris tenggelam, dan terbawa hingga kurang lebih 200 meter dari bibir pantai.

 Seluruh masyarakat yang melihat segera menolong orang yang terseret ombak.   “ Ombak cukup besar, kami yang mau menolong juga susah, apalagi mereka yang terseret sudah hampir lemas,” ujar Alvin, salah seorang warga di TKP.

 Beruntung,  ada warga yang tinggal di Pantai Hamadi yang datang menolong dengan perahu nelayan. “  Ada perahu warga kita yang tinggal disini, kami pakai dua perahu untuk tolong mereka yang terseret jauh ke tengah laut, dan arus laut yang cukup kencang,” ujarnya lagi.

   Dengan bantuan perahu nelayan,  para korban behasil dibawa satu persatu ke pantai dalam keadaan lemas kehabisan tenaga dan banyak minum air laut

  Warga berusaha menolong sebisanya, namun ke enam orang tersebut lemas dan tak sadarkan diri. Tidak dapat berbuat banyak, akhirnya, sekitar pukul 16.00, ke enam korban yang nyaris tenggelam itu dilarikan ke rumah sakit RS TNI AL untuk mendapat pertolongan dan diterima oleh Dokter jaga RSAL. Hingga pukul 17.15 WIT Korban masih dalam penanganan pihak rumah sakit RSAL. (luc)

Data Korban:

1. Laode (20 thn)

2. Fadly Usmaniy ( 24 thn)

3. Laode Iwan (35 thn) 

4. Zasarus S  (21 thn)

5. La Fini (38 thn)

6. Aco Aris (25 thn)