Plt Sekda didampingi Tim Covid -19 Pemda Jayawijaya saat memberikan keterangan pers di Wamena, Sein (30/3). ( FOTO: Denny/ Cepos) 

WAMENA-Hasil uji laboratorium terhadap  3 sampel dari wanita yang berstatus Pasien dalam Pengawasan (PDP) di Ruang Isolasi RSUD Wamena yang dikeluarkan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) di Jayapura, menyatakan  negatif dari covid -19. Namun masih perlu dilakukan test 3 sampel yang kedua kali untuk memastikan pasien tersebut tak terinfeksi.

  Plt Sekda Jayawijaya Tinggal Wusono mengungkapkan bahwa  pasien PDP yang dirawat di RSUD Wamena sampai dengan saat ini masih tetap satu orang dan dari hasil pemeriksaan Litbang Labkesda di Jayapura hasilnya dinyatakan negative.

   “Jadi pemeriksaan kita yang pertama memang negatif untuk pasien yang kami tangani , namun ini masih bersifat sementara, karena kita masih menunggu hasil pemeriksaan yang kedua yang tadi baru diambil dan dikirim ke Jayapura untuk memastikan lagi,” ungkapnya saat  jumpa pers di RSUD Wamena Senin (30/3) kemarin.

   Ia berharap untuk pemeriksaan  kedua  yang akan dikeluarkan  Selasa (31/3), hasilnya juga negatif.   “Kita tunggu hasil pemeriksaan yang kedua dari Libnang Labkesda Papua untuk kami sampaikan kepada masyarakat ,”jelas sekda didampingi tim Covid -19 Pemda Jayawijaya di Aula RSUD Wamena.

   Untuk penanganan Orang Dalam Pantauwan ODP di Jayawijaya, lanjut Sekda, hingga saat ini telah mencapai 28 orang. Sebelumnya ODP di Jayawijaya mencapai 32 orang   termasuk warga negara asing, tetapi 4 orang WNA itutelah meninggalkan Jayawijay karena masa tinggalnya sudah habis.

   Di tempat yang sama drg Gabriel Yusrianti Andayani mengaku jika sejak awal telah disampaikan kalau yang bersangkutan tidak berstatus positif Covid -19, sehingga lagi ditunggu hasil pemeriksaan kedua ini bisa positif dan bisa negatif, namun dari hasil pemeriksaan awal yang telah didapatkan hasilnya negatif karena minggu sore hasilnya sudah didapat dari litbangkes.

  “Yang jelas kalau hasilnya negatif  lagi, maka akan dipulangkan karena yang bersangkutan tak memiliki penyakit sebenarnya,”jelasnya. (jo/tri)