Irwasda Polda Papua Kombes Pol Alfred Papare memantau langsung jalannya proses rapat pleno pemungutan suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Boven Digoel, Selasa (29/12). ( FOTO: Humas Polda Papua for Cepos)

 JAYAPURA- Giliran Irwasda Polda Papua Kombes Pol Alfred Papare yang memantau langsung jalannya proses rapat pleno pemungutan suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Boven Digoel, Selasa (29/12). Dimana sehari sebelumnya saat pencoblosan dipantau langsung oleh Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw.

 Dalam pemantauan tersebut, Irwasda Polda Papua mengecek situasi persiapan rapat pleno pemungutan suara di Kantor PPD Distrik Jair dan bertemu langsung dengan Ketua PPD Distrik Jair Yosep Mutumbop.

Irwasda Alfred Papare mengimbau setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh PPD maupun Distrik harus melaksanakan Protokol Kesehatan Penanganan dan Pencegahan Covid-19. Hal ini agar semua bisa terhindar dari wabah Pandemi. “Saya berharap Pemilu tidak melahirkan klaster baru,” tegas Alfred Papare.

 Lanjutnya, selama pelaksanaan tugas bagi anggota yang melaksanakan pengamanan agar dilaksankan dengan penuh rasa tanggung jawab. Untuk penyelenggara harus bertanggung jawab dan jujur agar setiap tugas dan pekerjaan dapat berjalan dengan aman dan baik.

 Sementara itu, Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal mengatakan, seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) sudah melakukan pencoblosan pada Senin (28/12).

“Di beberapa distrik sudah melakukan rekapitulasi, setelah semua distrik melakukan rekapitulasi  barulah didorong ke Kabupaten Boven Digoel,” terang Kamal saat dikonfirmasi Cenderawasih Pos.

Lanjut Kamal, semua logistik dan khususnya surat suara dikawal oleh anggota. Dimana nantinya anggota yang melakukan pengamanan di Distrik kembali ke Kabupaten Boven Digoel bersama surat suara.

“Hingga saat ini anggota masih melakukan pengamanan di Boven Digoel,” kata Kamal.

Untuk situasi Boven Digoel  hingga saat ini lanjut Kamal kondusif, dimana surat suara dari TPS sudah ada di Distrik. Untuk beberapa Distrik sudah melakukan proses rekapitulasi dan jika tahapan rekapitulasi sudah selesai di tingkat Distrik maka akan digeser kekabupaten.

Sementara itu, pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) susulan di Kabupaten Boven Digoel, Senin (28/12) digelar di 107 kampung, 220 TPS serta 36.882 jiwa yang mengikuti pencoblosan. (fia/nat)