Kepala BWS  Papua Merauke Yulianus  M. Mambrasar  saat   berbagi di momen HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia,    Senin (17/8).  ( FOTO: Sulo/Cepos)

MERAUKE_Kepala  Balai Wilayah   Sungai Papua Merauke  Yulianus  Manuel  Mambrasar, ST, M.Si, MT,   mengungkapkan bahwa Indonesia maju apabila   masyarakat adil dan sejahtera. Mereka menjadi jadi tuan di negeri sendiri dan bisa menikmati   hasil-hasil pembangunan.

    ‘’Kami harapkan Balai Wilayah Sungai Papua Merauke  bisa memberikan  kontribusi dari pemerintah kepada kami kepada  masyarakat khususnya di wilayah Papua Selatan. Karena wilayah kerja  kami bukan hanya di Merauke   tapi ada di Mappi, Boven  Digoel sampai   wilayah pegunungan,” kata Mambrasar saat ditanya terkait dengan   tema  HUT ke-75  kemerdekaan   RI  yakni  mendorong Indonesia maju.   

    Yulianus Mambrasar melihat  hal pokok yang  harus segera disediakan masalah  penyediakan  air bersih. ‘’Kami ingin juga mengembangkan hutan sagu supaya    tidak menimbulkan  kecemburuan antara masyarakat nusantara dengan masyarakat asli setempat. Karena merubah siklus  masyarakat setempat  tidak segampang membalikan tangan,’’ katanya.

   Karena itu, dia mengharapkan   dukungan dari pemerintah  daerah dan  masyarakat pemilik hak ulayat. Sebab, hal-hal seperti   itu  pihaknya akan sampaikan ke Jakarta,’’  terangnya.

   Mambasar   menyampaikan terima kaish   kepada  pemerintah pusat khususnya Kementrian PUPR yang menurutnya mendukung penuh pembangunan di  atas Tanah Papua  melalui  berbagai program. ‘’Karena ada banyak  yang harus diperhatikan   di Merauke baik masalah  ketersediaan air besih,   pengendalian  banjir   dan sebagainya  yang  sangat membutuhkan  perhatian kita semua,” tandasnya. 

  Terkait dengan momen HUT RI, Balai  Wilayah Sungai  (BWS) Papua Merauke  belum lama ini juga   melakukan kegiatan  berbagi   kepada masyarakat  yang selama  ini  belum  beruntung  dari sisi ekonomi. Setidaknya ada 200  paket sembako  yang terdiri  dari beras  10 kg,  minyak goreng, mie instan, gula  pasir  dan lain-lain yang ibagi kepada para pedagang di psar, tukang dorong air, tukang sol sepatu dan para pensiunan BWS Merauke. (ulo/tri)