Lulusan SMP saat mendaftar  di panitia pendaftaran SMAN  Merauke pada hari pertama di SMAN I Merauke, Selasa (18/6). (Sulo/Cepos )

MERAUKE- SMAN I Merauke  membuka  pendaftaran  siswa baru  selama 3 hari terhitung  mulai Selasa (18/6) kemarin. Di hari pertama  itu, calon siswa menyerbu  salah satu sekolah umum yang difavoritkan oleh  para orang tua maupun  lulusan SMP.  Di hari pertama tersebut, jumlah calon siswa yang mendaftar 260 orang. 

  “Untuk hari pertama ini,  kami sudah menerima  260 pendaftaran,’’ kata Ketua Panitia Penerimaan   Siswa Baru SMAN I Merauke Bertha Imelda  Batmanlussi, S.Pd, M.Pd, ketika ditemui media ini di ruang  kerjanya,  Selasa (18/6). 

      Untuk penerimaan siswa baru  ini, pihak sekolah membuka 4 ruang  kelas  untuk  menerima berkas dari para calon siswa   tersebut.  Tiga ruangan  diperuntukan bagi  umum. Sedangkan satu ruangan  dikhususkan  bagi anak-anak asli Papua.   Dari  yang mendaftar  tersebut, sebagian  pendaftar belum melengkapi berkas persyaratannya, sehingga  diwajibkan   untuk kembali melengkapi  persyaratan.  

   Dalam   penerimaan ini, pihaknya   berpatokan pada peraturan Menteri  Pendidikan. Pertama memperhatikan masalah zonasi. Kemudian 5 persen   dari   jumlah yang diterima  tersebut adalah anak yang berprestasi. Kemudian   karena    orang tua dipindahkan kerja ke daerah sekitar  sekolah.   

  Pihak SMAN I Merauke sendiri, lanjut Bertha  akan menerima siswa   untuk 10  rombongan belajar atau kelas dengan total  yang akan diterima sebanyak 360 siswa. “Makanya hari ini   yang mendaftar 260 orang. Kalau  sampai penutupan nanti jumlah yang mendaftar lebih dari itu maka kita akan  lakukan testing dengan menggunakan  komputer. Tapi kalau   yang daftar kurang atau sesuai dengan jumlah yang akan kita terima, maka tidak ada test lagi. Tapi   akan diterima  semua,’’pungkasnya. (ulo/tri)