Mathius Awoitauw, SE., M.Si ( FOTO : Robert Mboik/Cepos)

SENTANI-Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasional Demokrat (NasDem) Provinsi Papua akan menggelar rapat internal untuk menentukan calon ketua DPR Papua lima tahun mendatang. 

“Besok (hari ini, Red) kami akan rapat untuk menentukan nama-nama kandidat yang akan diusulkan sebagai calon ketua DPRP,” ungkap Ketua DPW Partai NasDem Provinsi Papua, Mathius Awoitauw kepada wartawan di Sentani, Kabupaten Jayapura, Selasa (20/8). 

Dikatakan, kewenangan untuk memutuskan mengenai siapa yang akan duduk sebagai orang nomor satu di DPR Papua merupakan keputusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem. DPW Partai NasDem menurutnya hanya mengusulkan tiga kandidat.

Saat ditanya tentang tiga kandidat kuat yang akan diusulkan ke DPP Partai NasDem,  Mathius Awoitauw masih enggan membocorkannya. 

“Kewenangan DPP yang akan menunjuk siapa yang akan menjabat sebagai ketua, DPW hanya mengusulkan saja,” jelasnya.

Kendati demikian, Mathius Awoitauw yang saat ini menjabat sebagai Bupati Jayapura periode kedua membeberkan kriteria yang dimiliki calon pimpinan DPR Papua nanti. Seperti memiliki kemampuan untuk membesarkan partai, dalam arti keaktifan dalam partai. Selain itu, kontribusi yang  diberikan sang calon kepada partai juga turut dipertimbangkan. 

Lanjut dia, menjadi ketua juga tidak harus OAP (orang Asli Papua). Sebab yang terpenting adalah bagaimana figur ini berjuang dan berdedikasi untuk membesarkan partai selama ada di dalam partai.

Dia menambahkan, sebagai partai pemenang politik dalam Pemilu 2019 Provinsi Papua, tentu memiliki tantangan besar ke depannya. Kemenangan Partai NasDem dalam Pemilu kali ini sebenarnya sama dengan apa yang diharapkan masyarakat. Sehingga siapa yang sudah dipercayakan masyarakat untuk duduk sebagai wakil rakyat maka harus benar-benar bisa berbuat untuk kepentingan masyarakat.

Untuk itu, calon ketua DPR Papua menurutnya adalah orang-orang yang terbaik. “Harus berani untuk berjuang, itu pertimbangan besar. Oleh karena itu, besok  kami rapat untuk membicarakan itu. Karena DPP menunggu,” ungkapnya.

Ditambahkan, tanggal 23 Agustus nanti DPW Partai NasDem akan melakukan evaluasi dan konsolidasi dengan melibatkan seluruh pengurus di tingkat kabupaten se-Papua termasuk para Caleg yang lolos dalam Pemilu kali lalu. 

“Dari pusat juga kami akan undang supaya barisan ini benar benar kuat.  Supaya kita harus satu gerakan satu pikiran. Karena di masing-masing daerah harus baik, dipropinsi dan juga pusat,” imbuhnya.

“Kemudian bagaimana nanti ketua tetapi juga alat kelengakapan partai disemua tingkatan, ini harus kita bicarakan bersama sama. Kita punya SOP, harus gunakan itu untuk mendiakusikan, mensosialisasikan, memahamkan itu. Itu yang kita mantapkan besok,” tambahnya.(roy/nat)