Suasana pemungutan suara di TPS I Kampung Sebi  Distrik Abenaho Kabupaten Yalimo, Rabu (9/12). ( FOTO: Denny/Cepos)

WAMENA-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Yalimo memastikan pelaksanaan pemungutan suara susulan di Distrik Apalapsili yang tertunda, Rabu (9/12) akan dilaksanakan Jumat (11/12) hari ini. 

Terkait dengan pelaksanaan pemungutan suara susulan ini, KPU Yalimo telah mendistribusikan logistik untuk 52 TPS di Distrik Apalapsili.

Ketua KPU Yalimo, Yehemia Walianggen kepada Cenderawasih Pos melalui selulernya mengatakan sejak tanggal 8 Desember untuk Distrik Apalapsili, logistik Pilkadanya tidak terdistribusi. Karena ada gangguan permintaan untuk melakukan pemilihan dengan sistem noken dari pihak paslon 01 Erdi Dabi-Jhon Wilil. Terkait hal ini, Bawaslu pada tanggal 9 Desember, mengeluarkan rekomendasi untuk dilakukan pemungutan suara susulan.

“Kemarin kita sudah mendapatkan rekomendasi dari Bawaslu untuk melakukan pemungutan suara ulang untuk Distrik Apalapsili, Jumat 11 Desember. Untuk itu, hari ini kami sudah mulai melakukan distribusi logistik ke 52 TPS di sana,”ungkapnya kemarin (10/12).

Phaknya telah mendapat laporan dari ketua Panitia Penyelenggara Distrik (PPD) Apalapsili yang menginformasikan semua logistik telah terdistribusi ke TPS. Untuk itu, hari ini, akan dilakukan pemungutan suara di tingkat TPS dan hasil langsung bisa disampaikan kepada PPD melalui PPS.

“Masalah yang kemarin terjadi sudah diselesaikan sehingga kita tetap melakukan pemungutan suara di Distrik Apalapsili dengan sistem demokrasi dan tidak menggunakan sistem noken,”jelas Walianggen.

Sementara untuk jumlah distrik yang telah melakukan pleno, Walianggen mengaku belum tahu secara keseluruhan. Namun untuk Distrik Elelim menurutnya mulai  ada persiapkan dari PPD setempat  untuk melakukan pleno.

“Kemungkinan besar untuk Distrik Elelim akan memulai pleno tingkat distrik besok (hari ini). Karena saat ini dapat terlihat mereka masih mempersiapkan surat suara yang masuk dari  dari 49 TPS yang ada di distrik tersebut,” tambahnya. 

“Untuk Distrik Abenaho yang memiliki 109 TPS dan  Distrik Welarek ada 76 TPS serta Distrik Benawa yang memiliki 41 TPS belum ada konfirmasi siapa pasangan calon yang unggul sementara. karena rekapitulasi ditingkat distrik ini belum dilakukan,” sambungnya. 

Sementara itu, pendistribusian logistik untuk proses pemilihan susulan pada Pilkada Serentak 2020  di Distrik Apahapsili Kabupaten Yalimo dan beberapa distrik di Yahukimo menggunakan pesawat, Kamis (10/12).

 Pendistribuisan Logistik Pilkada ke Distrik-distrik diawalli dengan proses pengecekan anggota PPS oleh PPD.

 Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal mengatakan, pendistribusian logistik Pilkada di Yahukimo menggunakan pesawat Pilatus Adventis Aviation PK-TCA, pesawat Caravan SmartAvation PK-SNR dan dua unit Helicopter milik Polri yang distandbykan di Bandara Nop Goliat Dekai

 “Pemberangkatan logistik Pilkada ke delapan Distrik yang berada di Kabupaten Yahukimo yakni Distrik Kosarek, Panggema, Yahuliambut, Ubahak, Ubalihi, Kona, Endomen dan Talambo dengan menggunakan pesawat yang dikawal oleh PPD, Panwasdis dan aparat keamanan,” kata Kamal saat dikonfirmasi Cenderawasih Pos melalui telepon selulernya.

 Dikatakan, situasi Papua hingga saat ini kondusif pasca pemilihan kepala daerah terutama yang melaksanakan Pilkada. Begitu juga dengan Kabupaten Boven Digoel dan Mamberamo Raya pasca terlukanya satu anggota Brimob.

“Situasi di Papua hingga saat kondusif,  aparat keamanan terus melakukan pengamanan untuk menjaga Kamtibmas,” tandasnya. (jo/fia/nat)