Wakil Wali Kota Jayapura Ir. H. Rustan Saru, MM, saat disuntik vaksin Sinovac Covid-19 Kota Jayapura tahap pertama di Kantor Wali Kota Jayapura, Sabtu (16/1)lalu. ( FOTO:  Priyadi/Cepos)

JAYAPURA- Pada hari Sabtu (30/1) ini, akan dilakukan vaksinasi sinovac Covid-19 tahap kedua baik kepada 33 relawan/influencer yang telah menerima vaksinasi tahap pertama, yang dilakukan di Kantor Wali Kota Jayapura pada 16 Januari lalu.

Untuk  itu, Wakil Wali Kota Jayapura Ir. H.Rustan Saru, MM., yang juga orang pertama mengikuti vaksinasi tetap akan mengikuti pemberian vaksinasi tahap kedua.

“Ya saya akan lakukan vaksinasi tahap kedua, karena tahap pertama sudah diberikan bersama 32 relawan dan usai dilakukan vaksinasi tidak apa-apa, vaksin diberikan 0,5 ml tahap kedua juga 0,5 ml, pemberian vaksin sinovac Covid-19 untuk meningkatkan sistim kekebalan tubuh kita terhadap serangan virus Corona, jadi masyarakat jangan panik, ragu dan takut,’’pesannya, Jumat (29/1)kemarin.

  Wawali juga mengatakan, untuk pemberian vaksin tahap pertama sudah dilakukan kepada petugas kesehatan dan dokter baik di rumah sakit, maupun 13 Puskesmas di Kota Jayapura. Dimana secara persentase memang belum 100 persen, karena ada Nakes yang pernah terinfeksi virus Corona atau penyintas, sehingga tidak dilakukan vaksinasi.

  Termasuk juga bagi Nakes dan dokter yang memiliki penyakit bawaan komorbid seperti jantung, diabetes militus, darah tinggi, obesitas, ginjal dan penyakit lainnya. Bagi Nakes dan dokter   yang sudah melalui uji screening kesehatan saja yang bisa mendapatkan vaksin sinovac Covid-19.

  “Selama ini untuk pemberian vaksin kepada Nakes tidak ada kendala, karena memang pertama yang diberikan vaksin untuk Nakes dan dokter,  karena mereka yang merawat dan menangani langsung pasien Covid-19, jadi kekebalan tubuh mereka harus dibentuk dalam melawan Covid-19,” katanya.

   Wawali berharap, pemberian vaksin tahap kedua ini bisa berjalan lancar dan dilakukan di Puskesmas terdekat, dimana yang bersangkutan tinggal dan jika sudah diberikan vaksin secara lengkap tetap diminta selalu menerapkan protokol kesehatan, karena walaupun telah divaksin tetap penerapan protokol kesehatan wajib dilakukan. (dil/tri)