Suasana penjualan telur di Pasar Sentral Hamadi, Senin (21/12) kemarin. ( FOTO: Yohana/Cepos)

JAYAPURA – Menyambut Natal dan Tahun Baru, kebutuhan telur memang cukup meningkat dan harga telur di pasaran juga mulai mengalami kenaikan. Sejak seminggu lalu harga telur mencapai Rp 68 ribu/rak. Naik dari harga sebelumnya Rp 65 ribu/rak. Bahkan saat ini sudah mencapai Rp 70 ribu/rak.

 Dina penjual telur antar pulau di Pasar Sentral Hamadi menjelaskan, untuk saat ini harga telur memang mengalami kenaikan. Khususnya untuk telur Antar Pulau (Anpu) ada kenaikan harga dari Rp 3.000 – Rp 5.000 per rak.

“Semenjak sepekan lalu harga telur sudah mengalami kenaikan. Sebelumnya harga telur kami jual dengan harga Rp 65 ribu/rak naik menjadi Rp 68 ribu/rak dan kini menjadi Rp 70 ribu/rak,”ujarnya kepada Cenderawasih Pos, Senin (21/12) kemarin.

 Diakuinya, untuk harga telur sendiri dipengaruhi dari stok telur yang masuk ke Jayapura. Infonya stok telur dari Surabaya menipis sehingga mempengaruhi harga telur yang masuk ke Jayapura.

 Sementara itu Kepala Toko Hypermart Jayapura, Gatot menjelaskan, telur yang pihaknya sediakan merupakan stok telur lokal dari Telur Mahkota.

 “Karena telur kami merupakan telur lokal, harga telur juga masih sangat terjangkau Rp 2.250 ribu/butir  atau Rp 67.500/rak,” jelasnya.

  Pihaknya pastikan untuk kebutuhan telur lokal selalu tersedia karena setiap 3 hari pasti ada stok masuk ke Hypermart Jayapura, sehingga pihaknya pastikan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat sampai perayaan Natal dan Tahun Baru. (ana/ary)