Telur Anpu saat baru diturunkan dari mobil pick up untuk dijual di Pasar Youtefa Abepura, Kamis (7/1) kemarin. ( foto:Priyadi/Cepos)

JAYAPURA-Harga telur antar pulau (Anpu) saat ini masih tinggi Rp 70-75 ribu/rak. sedangkan harga telur lokal masih relatif stabil ada yang Rp 60 ribu/rak -65 ribu/rak .Naiknya harga telur Anpu sudah terjadi menjelang Natal 25 Desember 2020 dan sampai sekarang. 

  Hani penjual telur di Pasar Youtefa Abepura mengatakan, harga telur Anpu masih Rp 70 ribu-75 ribu /rak. Harga mengalami kenaikan dibanding sebelum Natal 25 Desember 2020 dan kenaikan langsung dari Jawa,  jadi di pedagang Pasar Youtefa Abepura juga tinggal menyesuaikan. Padahal sebelumnya harga Telur Anpu hanya Rp 60 ribu-65 ribu/rak.

 “Memang untuk harga telur Anpu mengalami kenaikan, namun untuk telur lokal saya tidak tahu karena tidak menjual telur lokal. Kalau telur lokal memang harganya lebih murah,”ujarnya.

  Sementara itu Parso penjual telur lokal merek SR di Kota Jayapura mengakui, harga telur lokal SR sampai saat ini masih normal tidak ada kenaikan,  masih Rp 60 ribu/rak  ukuran biasa dan yang ukuran besar Rp 65 ribu/ rak. 

 Untuk telur lokal memang ada pedagang yang bilang kualitas tidak sama dengan telur Anpu padahal itu salah. Justru telur lokal lebih fresh karena ayam bertelur langsung didistribusikan, beda dengan telur Anpu yang sudah bertahan lama di kapal maupun saat berangkat. 

 Selain itu, permintaan telur Anpu meningkat tajam karena pengiriman tidak hanya melayani wilayah jayapura saja namun kabupaten lain di Papua juga banyak.

 “Telur lokal sejatinya mampu memenuhi permintaan pedagang dan masyarakat di Kota Jayapura, tapi karena sudah banyak permintaan di luar Kota Jayapura di beberapa kabupaten di Papua maka dibantu telur Anpu, sehingga masyarakat juga harus tahu karena peternak ayam petelur di Kota Jayapura juga sudah semakin banyak,’’jelasnya.(dil/ary)