Pengunjung saat membeli sayur di salah satu penjual sayur di Pasar Baru Youtefa Kotaraja, Kamis (3/6). ( FOTO:Priyadi/Cepos)

JAYAPURA-Meski dalam minggu ini Wilayah Jayapura dan sekitarnya diguyur hujan, namun harga sayuran di pasar tradisional  masih normal Rp 5.000-Rp 6.000/ikat, baik sayur kangkung, sawi, bayam dan kacang panjang.

 Imah penjual sayur di Pasar Youtefa Abepura mengatakan, harga sayuran masih normal, walaupun seminggu ini sering terjadi hujan deras. Yang penting tidak terjadi banjir, sehingga tanaman sayuran tidak ada masalah.

 “Harga sayur masih normal walaupun sering terjadi hujan deras. Sayuran kalau dijual di pasar mulai dari Rp 5.000- Rp 6.000 /ikat,’’ujarnya, Kamis (3/6). 

 Imah mengakui, permintaan sayur saat ini juga normal dan petani dalam memanen sayur tidak banyak-banyak, sesuai permintaan pedagang karena takut jika tidak laku maka sayur bisa layu dan tidak bisa dijual dengan harga normal, palingan malah untuk pakan ternak.

 Hal senada juga dikatakan, Anwar pedagang sayur di Pasar Baru Youtefa Abepura, harga sayur-sayuran dan permintaan masih normal dari masyarakat. 

 Kebanyakan pedagang sayur memiliki pelanggan sendiri-sendiri seperti pelanggan dari penjual sayur dan bumbu yang menggunakan motor keliling di komplek. Jika tidak mengandalkan pelanggan maka dalam berjualan sayur di pasar susah. Pasalnya, kebanyakan sekarang masyarakat lebih senang berbelanja di rumah melalui penjual sayur keliling atau mangkal, karena lebih hemat waktu dan tenaga. (dil/ary)