Petani sayuran  di Jalan Baru Komplek Otonom Kotaraja saat memetik sayur untuk dijual di pasar, Rabu (24/3). ( FOTO: Priyadi/Cepos)

JAYAPURA-Saat ini harga sayur di pasaran sudah kembali normal. Seperti sayur kangkung, sawi dan bayam. Sebelumnya harga sayur di pasar tradisional semenjak ada musibah banjir di Arso dan Koya sempat melambung Rp 10 ribu/ ikat. Padahal sebelumnya hanya Rp 5 ribu-6 ribu/ikat.

Mustika penjual sayur di Pasar Sentral Hamadi mengaku, harga sayuran kini sudah kembali normal karena hasil panen sayur petani di Arso, Koya dan Abepura  sudah normal, jadi pedagang juga menjualnya dengan harga normal rata-rata Rp 5 ribu/ ikat, untuk sawi, bayam dan kangkung. Memang harga sayuran selama ini jarang-jarang ada kenaikan beda dengan harga cabe rawit.  Permintaan sayur di Pasar Sentral Hamadi juga masih biasa.

Sementara itu Imah penjual sayur di Pasar Youtefa Abepura mengaku, harga sayur seperti bayam sawi dan kangkung harganya sudah normal kembali sudah sekitar 1 minggu ini. Jika harga sayur normal begini pedagang juga senang karena modal yang dibutuhkan juga tidak banyak  karena kendala jualan sayur jika sudah tidak laku maka sudah tidak bisa dijual lagi jika sayuran sudah layu.(dil/ary)