Aktivitas penjualan di Pasar Youtefa belum lama ini. ( foto: Yohana/Cepos)

JAYAPURA – Harga komoditi pertanian relatif stabil. Kalaupun ada kenaikan harga tidak terlalu signifikan. Seperti halnya harga cabai rawit yang kembali meningkat. Kenaikan harga cabai rawit bukan hal yang baru setiap bulannya, jika stok  menipis atau permintaan meningkat pasti akan mempengaruhi harga di pasaran. 

 Aci seorang penjual komoditi pertanian di Pasar Youtefa mengatakan, harga cabai rawit mengalami kenaikan dari Rp 60 ribu/kg menjadi Rp 70 ribu/kg, cabai keriting Rp 50 ribu/kg menjadi 60 ribu/kg dan cabai besar stabil Rp 50 ribu/kg.

 “Harga cabai rawit masih tergolong stabil, belum ada kenaikan harga yang cukup signifikan dibandingkan minggu-minggu sebelumnya yang mana harga cabai rawit bisa tembus di angka Rp 100 ribu – Rp 120 ribu/kg,” katanya kepada Cenderawasih Pos, Jumat (5/6).

 Lanjutnya, untuk harga bawang merah saat ini masih stabil Rp 60 ribu/kg, bawang putih Rp 50 ribu/kg, tomat Rp 7 ribu/kg dan kelompok sayuran seperti kangkung cabut, bayam dan sawi Rp 5 ribu/ikat.

 Sementara itu Rita seorang penjual komoditi pertanian di Pasar Pharaa Sentani mengatakan,  saat ini harga cabai rawit Rp 60 ribu/kg, cabai keriting Rp 50 ribu dan cabai besar Rp 50 ribu/kg, sedangkan tomat Rp 7 ribu/kg.

 “Stok yang kami sediakan adalah stok local dari Arso dan Koya serta dari petani di Sentani. Sedangkan untuk bawang merah ada kenaikan harga dari Rp 60 ribu/kg naik menjadi Rp 70 ribu/kg dan bawang putih Rp 40 ribu/kg,” terangnya.

 Menurutnya harga komoditi pertanian relatif stabil. Kalaupun ada kenaikan harga tidak terlalu signifikan. (ana/ary)