Ikan ekor kuning dan cakalang yang dijual di Pasar Ikan Hamadi, Sabtu (14/3). Saat ini harganya sudah turun. (FOTO: Priyadi/Cepos)

JAYAPURA- Kini harga ikan ekor kuning dan cakalang di Pasar Ikan Hamadi sudah mulai turun. Hal ini disebabkan  hasil tangkapan nelayan di laut sudah cukup banyak.

Saat ini harga ikan cakalang ukuran sedang  dari sebelumnya Rp 120 ribu /ekor, kini sudah turun menjadi Rp 80 ribu /ekor. Padahal  jika normal harganya hanya Rp 40 ribu/ekor. Sedangkan ikan ekor kuning yang sebelumnya di jual Rp 150 ribu kini sudah menjadi Rp 120 ribu / ekor.

Ramli selaku penjual ikan di Pasar Ikan Hamadi mengatakan,  harga ikan cakalang, ikan ekor kuning saat ini sudah mulai turun. Namun harga saat ini belum bisa dikatakan normal, karena harga ikan ekor kuning sebelumnya bisa mencapai Rp 150 ribu/ekor, kini sudah mulai turun menjadi Rp 120 ribu /ekor. Meski demikian harga ini masih tergolong belum stabil,  karena biasanya ukuran ikan ekor kuning yang dijual seperti ini hanya Rp 70-80 ribu/ ekor.

“Harga ikan saat ini sudah cukup mengalami penurunan jika dibanding 4 hari lalu untuk ikan ekor kuning dan cakalang. Namun dalam menjual ikan tetap masih belum bisa maksimal, karena dengan harga seperti ini tentu pengunjung tetap berpikir dua kali membelinya jika memang tidak butuh sekali,’’ungkapnya, Sabtu (13/3).

Hal senada dikatakan Acan penjual ikan di Pasar Ikan Hamadi bahwa harga ikan sewaktu-waktu bisa berubah, sehingga pengunjung juga kadang pada saat ikan harganya murah banyak yang datang membeli namun jika harga ikan mahal pengunjung yang datang membeli hanya tertentu saja yang memang membutuhkan.

    Acank menjelaskan, walaupun di wilayah Jayapura ada laut dan terkenal ikan ekor kuning, cakalang, deho, kawalina dan lainnya, namun jika cuaca tidak bagus, gelombang tinggi tentu hasil tangkapan nelayan tidak maksimal. Bahkan ada juga yang tidak mau melaut karena faktor keselamatan.

Sementara itu, harga udang kiriman dari Sarmi harganya bervariasi. Mulai Rp 80 ribu /kg untuk yang biasa ada juga yang harganya sampai Rp 100 ribu /kg untuk yang kualitas bagus seperti udang tiger. Sedangkan harga ikan merah seperti kakap masih stabil Rp 100 ribu / ekor. (dil/ary)