Pemilik Toko Emas Anugrah di Paldam Jayapura, Rendy memperlihatkan koleksi perhiasan  emas yang disediakannya, Selasa (9/2) kemarin. ( FOTO: Yohana/Cepos)

JAYAPURA – Kabar gembira kini hadir bagi para pencinta emas dan yang ingin koleksi perhiasan emas. Harga emas mengalami penurunan Rp 50 ribu/gram dari Rp 900 ribu menjadi Rp 850 ribu/gram.

Pemilik Toko Emas Anugrah di Paldam Jayapura, Rendy mengatakan bahwa meski harga emas turun,  namun tetap sepi pembeli.

“Ada kemungkinan masyarakat masih menunggu harga emas turun lagi. Sementara untuk jual kembali mengalami penurunan yang cukup signifikan setelah harga emas mengalami penurunan,” ungkapnya kepada Cenderawasih Pos, Selasa (9/2) kemarin.

Diakuinya, harga emas saat ini mencapai Rp 850 ribu/gram. Sementara harga jual kembali Rp 750 ribu/gram.

Dengan kondisi saat ini,  pihaknya prediksi sampai Maret daya beli masyarakat terhadap perhiasan emas masih stabil.

Sementara itu, Kepala Pegadaian Cabang Abepura, Yohannes Naharawarin menjelaskan, permintaan trend gadai sampai dengan saat ini masih stabil belum ada peningkatan yang signifikan.

“Begitu juga trend tabungan emas juga masih stabil. Kami juga menyediakan berbagai kebutuhan masyarakat untuk meningkatkan program investasi emas di Pegadaian,”ujarnya.

Ditambahkan, kondisi harga emas sendiri atau logam mulia juga masih stabil yakni di angka 987 ribu/gram. Harga ini mengalami penurunan dari bulan Januari lalu.“Kalau mau dilihat dengan kondisi harga emas mengalami penurunan kami harap bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang ingin berinvestasi emas dalam hal ini menabung  emas,” terangnya. (ana/ary)