Aktivitas pembelanjaan di Pasar Pharaa Sentani, Jumat (5/2) kemarin. Harga komoditi pertanian relatif stabil. Hanya harga cabe rawit yang kembali meningkat menjadi Rp 90 ribu-Rp 95 ribu/kg, setelah sebelumnya sempat di harga Rp 70 ribu/kg. (FOTO: Yohana/Cepos)

JAYAPURA – Harga cabai rawit kembali meningkat, setelah sempat turun di harga Rp 70 ribu/kg, kini naik di harga Rp 90 ribu/kg.

 Penjual komoditi pertanian di Pasar Pharaa, Rita mengatakan, sampai dengan saat ini, harga komoditi pertanian masih stabil, hanya cabe rawit yang mengalami kenaikan harga menjadi Rp 95 ribu/kg.

 “Harga cabe rawit lokal dari Rp 70 ribu/kg menjadi Rp 95 ribu/kg, dimana harga cabe rawit kembali alami kenaikan dikarenakan stok cabe lokal menipis, dengan kondisi cuaca yang mengalami pancaroba akhir-akhir ini,”ujarnya kepada Cenderawasih Pos, Jumat (5/2) .

 Lanjutnya, untuk cabe keriting dan cabai besar masih stabil, cabai keriting Rp 35 ribu/kg, cabai besar Rp 20 ribu/kg, tomat Rp 14 ribu/kg, wortel Rp 35 ribu/kg, kentang Rp 20 ribu/kg, buncis Rp 18 ribu/kg dan bunga kol Rp 50 ribu/kg.

 “Harga komoditi pertanian masih stabil, hanya cabe rawit yang akhir-akhir ini alami kenaikan harga,” tambahnya.

 Hal senada juga diungkapkan Muslika,  penjual komoditi pertanian di Pasar Sentral Hamadi bahwa untuk saat ini harga komoditi pertanian masih stabil.

 “Hanya cabe rawit yang alami kenaikan harga. Saat ini cabe rawit Rp 90 ribu/kg, naik dari Rp 70 ribu/kg untuk cabe rawit  lokal. Sementara caberawit  kiriman Rp 70 ribu -80 ribu/kg, cabe keriting dan cabe besar Rp 35 ribu/kg,” katanya.

 Diakuinya, saat ini permintaan komoditi pertanian masih stabil,belum ada peningkatan permintaan yang signifikan. (ana/ary)