Suasana pertemuan Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si dengan pihak PT. Sasuka Online di Kantor Bupati Jayapura, Kamis (4/6). ( FOTO: Robert Mboik Cepos)

Untuk Memasarkanhasil Kebun  Masyarakat di Kampung-kampung 

SENTANI-Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si kembali mengambil langkah baru di tengah pandemi Covid- 19 ini. Setelah meluncurkan program ketahanan pangan bagi masyarakat, sebagai kelanjutan dari program itu, Bupati menjalin kerja sama dengan PT. Sasuka online. Tujuannya adalah hasil komoditi milik masyarakat bisa dipasarkan melalui online.

“Kami yang mendorong supaya melalui PT Sasuke online ini, semua komoditi, hasil pertanian atau potensi apa saja yang ada di kampung-kampung bisa dipasarkan melalui online,” kata Mathius Awoitauw kepada media ini, Kamis (4/6).

Lantas bagaimana caranya agar program ini bisa berjalan untuk masyarakat di daerah pinggiran dan pedalaman?. Menurut orang nomor 1 di Kabupaten Jayapura itu, pemerintah bekerjasama dengan PT Sasuke online untuk merekrut pemuda-pemuda potensial, Orang Asli Papua (OAP) yang ada di kampung yang kemudian mereka inilah yang menjadi penggerak sekaligus menjadi penyambung terkait pemasaran terhadap komoditi atau potensi apa saja yang ada di kampung. 

“Tidak hanya direkrut, tapi mereka juga akan diberi pelatihan, kita memilih orang-orang yang berpotensi dan mempunyai kemampuan dan itu khusus untuk OAP sehingga mereka juga  diberdayakan secarah ekonomi,” ujarnya.

Dia mengakui, selama pandemi Covid- 19, setelah   diberlakukannya pembatasan aktivitas sosial masyarakat baik di kota maupun di kampung-kampung telah menyebabkan berbagai dampak terhadap beberapa sektor kehidupan masyarakat, khususnya di bidang perekonomian. 

Sehingga pemerintah mengambil kebijakan yang bisa membangkitkan kembali perekonomian masyarakat termasuk yang ada di kampung-kampung.

Dia berharap, kerja sama dengan Sasuke Online ini akan membawa pengaruh besar terhadap perekonomian masyarakat yang dimulai dari tingkat kampung dengan memanfaatkan potensi alam yang ada atau hasil perkebunan, peternakan maupun perikanan yang ada di kampung.

” Tadi mereka sudah presentasikan bagaimana cara kerjanya. Intinya jika ini berjalan dengan baik, maka  sangat membantu perekonomian masyarakat di kampung,”tambahnya. (roy/tho)