SENTANI- Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Jayapura melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung siap menyalurkan alokasi dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat di setiap kampung di seluruh wilayah Kabupaten Jayapura.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Kabupaten Jayapura, Elisa Yarusabra mengatakan, sesuai dengan program Pemkab Jayapura saat ini terkait dengan penanganan Covid-19, di mana mengarahkan masyarakat kembali ke kampung untuk berkebun. Sehingga semangat dan motivasi itu terus melekat dalam program BLT yang akan disalurkan oleh pemerintah. 

“Tema besar kita adalah BLT untuk ketahanan pangan, sama seperti dana Rp 100 juta yang sudah diprogramkan oleh pemerintah untuk ketahanan pangan. Maka BLT ini juga untuk mensuport kegiatan tersebut,” kata Elisa Yarusabra kepada wartawan di Sentani, Rabu (27/5).

Sejatinya dana tersebut baru akan disalurkan dalam minggu depan, namun Pemkab melalui pihaknya sudah menginformasikan kepada pihak distrik dan para pendamping kampung dan distrik untuk membantu pemerintah daerah menyampaikan sosialisasi kepada masyarakat kampung mengenai program program ketahanan pangan yang sudah dicanangkan oleh Bupati Jayapura dalam menghadapi pandemi Covid-19 di Kabupaten Jayapura. Sehingga dana yang diturunkan oleh pemerintah termasuk BLT ini wajib digunakan untuk mensuport kegiatan perekonomian dan ketahanan pangan bagi masyarakat di tingkat kampung.

“Jangan sampai terima dana ini untuk kepentingan lain. Ini harus digunakan untuk kegiatan perekonomian di kampung dan juga untuk mensuport program ketahanan pangan yang sudah dicanangkan oleh pemerintah daerah,” tambahnya. (roy/tho)