Kapten Persipura Boaz Solossa saat menghindar dari hadangan pemain PSIS Semarang pada laga perdana Shopee Liga 1 2020 di Stadion Klabat Manado, Minggu (1/3). ( FOTO: Erik / Cepos)

JAYAPURA – Pelatih kepala Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago mengatakan bahwa timnya dalam kondisi yang sangat baik dalam tournya ke Samarinda, Kalimantan Timur, untuk menantang tuan rumah Borneo FC, di Stadion Segiri Samarinda, Sabtu (7/3) lusa. 

Dalam laga tandang tersebut, Persipura memboyong seluruh pemainnya. Persipura sendiri telah berada di Samarinda untuk melakukan persiapan.

“Puji Tuhan persiapan berjalan lancar dan sangat baik. Hari ini (kemarin, Red) kita berangkat ke Kalimantan untuk menjalani persiapan sebelum menghadapi Borneo FC. Semoga dengan persiapan yang sudah dilakukan, kita bisa kembali meraih hasil tren positif,” ungkap Jacksen saat dihubungi Cenderawasih Pos via telepon selulernya, Rabu (4/3) kemarin.

Menurut pelatih asal Brasil itu, ada beberapa evaluasi yang mereka lakukan dari hasil laga perdana kontra PSIS Semarang, Minggu (1/3) lalu. 

Diakuinya, beberapa detail kesalahan yang mereka lakukan dalam laga tersebut akan mereka perbaiki di laga kedua kontra Borneo FC.

“Kita selalu ada evaluasi. Kemarin kita ada diskusi dengan tim pelatih dan melihat rekaman video lawan PSIS untuk melihat beberapa catatan. Tapi evaluasi adalah sesuatu yang menurut saya bersifat internal. Yang jelas ini adalah pertandingan kedua kita dengan klub selevel. Sehingga kita sedang dalam proses untuk berkembang, banyak hal yang masih harus dibenahi,” ujarnya.

Meski sukses meraih kemenangan 2-0 atas tamunya PSIS Semarang, tidak membuat pelatih berusia 51 tahun itu puas. Sebab ia mengaku banyak kesalahan yang mereka lakukan dalam pertandingan tersebut.

“Kemarin kita bisa menang lawan PSIS dan masih ada beberapa hal dalam tim yang kita harus tingkatkan lagi. Tidak perlu kita bicara detail karena berhubungan dengan strategi kita nanti. Yang jelas PR kita masih sangat banyak sekali,” ujarnya.

Pelatih yang sudah memberikan tiga gelar juara Liga Indonesia untuk Persipura itu membeberkan bahwa dari 29 pemain yang mereka boyong, hanya Marinus Wanewar dan Fridolin Yoku yang diragukan tampil. Kedua pemain tersebut masih dibekap cedera. (eri/nat)