JAYAPURA  – Gubernur Papua Lukas Enembe menghadiri rapat  terbatas secara virtual melalui zoom meeting bersama Presiden RI Joko Widodo, Jumat (23/7) lalu. Dalam rapat tersebut,  salah  satunya membahas rencana  percepatan pembangunan di Tanah Papua.

 Juru Bicara Gubernur Papua, M. Rifai Darus, SH mengatakan, melalui pembahasan tersebut Gubernur Lukas Enembe meminta dan mengusulkan kepada Presiden Jokowi untuk menjadikan Papua sebagai Provinsi Olahraga dan usulan tersebut disambut positif oleh Presiden Jokowi.

 “Presiden juga langsung meminta kepada Menpora untuk bisa melakukan langkah-langkah taktis dalam upaya menjadikan Papua jadi Provinsi Olahraga,”ungkapnya dalam rilis kepada Cenderawasih Pos, Senin (26/7) kemarin.

 Menurut Gubernur,  hal tersebut dengan beberapa pertimbangan,  khusus tentang struktur dan infrastruktur sarana olahraga di Papua yang sudah semakin baik dan banyak. Bahkan ada yang sudah bertaraf internasional. Oleh karena itu, sudah sepantasnya Papua dijadikan sebagai provinsi yang bergelar provinsi olahraga.

 “Yang dilakukan oleh Gubernur ini merupakan langkah taktis kepada pemerintah pusat dalam upaya menjadikan Papua sebagai Provinsi Olahraga. Sebab Papua merupakan gudang atlet berprestasi,” terang Gubernur. 

 Tak hanya itu, Gubernur juga mengakui bahwa dijulukinya Papua sebagai Provinsi Olahraga tak lain dalam rangka meningkatkan semangat para atlet Papua terlebih kepada generasi Papua untuk bisa berkarya dalam olahraga. 

 Bahkan, setelah dijadikannya Papua sebagai Provinsi Olahraga maka atlet Papua yang akan berkompetisi di PON XX Papua dapat menunjukkan kemampuan dan meraih keberhasilan serta semakin meningkatkan semangat.

 Pihaknya berharap, dengan meminta kepada Presiden agar Papua menjadikan  sebagai Provinsi Olahraga dapat menjadi sejarah baru bagi Papua. (ana/ary)