Bupati Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd ketika meninjau langsung usaha peternakan masyarakat di Kampung Moibaken, Senin (18/5) sore kemarin. ( FOTO: Fiktor/Cepos)

BIAK-Bupati Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd terus melakukan kunjungan ke masyarakat petani di tengah pandemi Virus Corona. Tak hanya membeli hasil pertanian masyarakat, namun Bupati juga terus memotivasi masyarakat agar terus meningkatkan usaha-usaha pertanian dan pertenakannya meskipun kategorinya  masih dalam skala kecil.

 Kali ini giliran wilayah Kampung Suneri dan Moibaken Distrik Yendidori yang didatangi langsung oleh orang nomor satu di Kabupaten Biak Numfor itu. Ia meminta masyarakat supaya terus meningkatkan usahanya, dan berharap ke depan semua komoditi pertanian dan peternakan di Kabupaten Biak Numfor stoknya cukup sehingga tidak didatangkan lagi dari luar. 

  “Banyak pelajaran yang kita ambil di tengah pandemi Virus Corona, kita perlu memperkuat ketahanan pangan lokal kita, baik di bidang pertanian maupun peternakan. Itu semua bisa dilakukan jika masyarakat terus meningkatkan usahanya, minimal dimulai dari skala kecil,” ujarnya. 

  Di kampung Moibaken, Bupati Herry Naap melihat langsung dari dekat peternakan masyarakat yang memelihara ayam petelur dan ternak babi. Selain itu, juga ada usaha ikan lele yang dibuatkan bak khusus. Herry  Naap memberikan apresiasi usaha masyarakat yang sudah dilakukan dalam ketegori besar-besaran itu dan diharapkan terus dikembangkan kedepan. 

  “Saya sudah minta Dinas Pertanian supaya mengembangkan pangan lokal, mengembangkan usaha peternakan. Masyarakat yang sudah mengeluti usaha supaya terus didorong mengembangkan usahanya, sementara yang masih dalam ketegori usaha kecil-kecilan supaya didampingi,” katanya.

  “Perlu saya tekankan, bahwa pendampingan ini penting karena di Kabupaten Biak Numfor kita juga memiliki potensi cukup besar dibidang peternakan dan pertanian, selain sector perikanan yang memang sudah unggulan,” lanjutnya.(itb)