Tim sepak bola putri Mimika U-17 saat menerima tropy usai meraih gelar juara Piala Sepakbola Menpora Putri U-17 seri Provinsi Papua di lapangan sepakbola Berg En Dal Argapura, Selasa (19/6).( FOTO : Erik / Cepos)

JAYAPURA- Tim sepakbola putri Mimika U-17 sukses keluar sebagai juara pada Piala Menpora U-17 Putri seri Papua dan akan mewakili Papua pada seri Nasional Piala Menpora U-17 yang akan berlangsung di Bandung pada Agustus 2019.

Manajer Galanita Mimika, Rusland Purba mengatakan, dengan waktu yang masih ada, mereka akan melakukan evaluasi dan persiapan intens.

“Kami akan kembali ke Mimika dan di sana kami akan melakukan segala persiapan. Karena seri nasional akan semakin berat dari pada seri provinsi,” ungkap Rusland kepada Cenderawasih Pos saat ditemui di lapangan sepakbola Berg En Dal Argapura, Rabu (19/6).

Selain itu, dalam membentuk tim yang solid. Ia juga akan merekrut beberapa pemain dari setiap klub Galanita U-17 yang ikut berkompetisi pada seri provinsi Papua.

“Tim Mimika nantinya tidak hanya mengatasnamakan Mimika saja, tapi juga mengatasnamakan Papua. Sehingga kita ambil pemain yang memiliki kualitas dan bisa menutup kekurangan kami dalam tim. Dari PSK Kayo Pulau 1 pemain, Swallow FC 1 pemain, Nduga 2 pemain dan Dekai FC 1 pemain,” ujarnya.

Bahkan untuk persiapan, 1 minggu sebelum kick off. Pihaknya akan lebih awal ke Bandung untuk melakukan ujicoba dengan menjajal tim-tim lokal, sekaligus untuk beradaptasi dengan cuaca.

“Dan penting lagi, kita akan persiapkan mental mereka di Bandung. Di sana kita akan persiapkan tim lebih matang lagi. Bukan janji tapi kami akan bertekad untuk menjuarai Menpora Cup untuk bisa bawa pulang Piala ke Papua,” tegasnya.

Rusland juga menuturkan, bahwa ini adalah kesemptan emas bagi mereka untuk kembali mengembangkan sepakbola wanita di Kabupaten Mimika dan Papua.

“Saat ini kami dari Dispora Mimika bagaimana berusaha untuk terus menghidupkan sepakbola wanita. Kabupaten Mimika dulu pernah berjaya tapi karena selama ini kurang adanya suport akhirnya tenggelam, dan ini kesempatan untuk kita maju dan berkembang,” tutup pria yang juga menjabat pada Bidang Prestasi Olahraga, Dispora Mimika. (eri/tho)