JAYAPURA-Persipura Jayapura gagal melanjutkan tren positif mereka usai menelan kekalahan 0-1 dari Arema FC pada pekan kelima Liga 1 2021/2022 di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Rabu (29/9) sore kemarin.

Gol tunggal dari Carlos Fortes pada menit 7’ menjadi penentu kemenangan perdana Arema FC.

Dengan kekalahan ini, Persipura Jayapura masih berada di peringkat 15 dengan koleksi 4 poin dari hasil sekali menang dan sekali imbang. Sementara Arema FC, dengan tambahan 3 poin membuat Arema FC beranjak dari zona degradasi dan menempati posisi 11 dengan koleksi 6 poin.

Persipura sebenarnya tampil baik dalam pertandingan ini. Bahkan tim kebanggaan masyarakat Papua itu beberapa kali menciptakan peluang emas. 

Namun tak ada satupun peluang emas tersebut menjadi gol berkat penanmpilan apik penjaga gawang Arema FC, Adilson Aguero Dos Santos.

Dalam laga kemarin, Persipura juga belum bisa memainkan beberapa pilarnya. Dari tiga pemain asing yang sudah dimiliki oleh Persipura, hanya Henrique Motta yang bisa dimainkan. Itu pun hanya bermain penuh di babak kedua.

Pelatih kepala Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago mengaku bahwa timnya mengalami banyak kekurangan dalam pertandingan ini. Termasuk beberapa pemain pentingnya yang belum bisa diturunkan.

“Kita hari ini mengawali pertandingan sangat lambat sekali, dan banyak kekurangan yang ada dalam cara kita bermain, agresivitas kita tidak maksimal dan banyak kesalahan,” ungkap Jacksen dalam zoom meeting usai pertandingan.

“Kita pasti kecewa karena harapan kita bisa dapat hasil yang lebih baik. Dan kalu kita lihat jalannya pertandingan, sebenarnya pertandingan ini tidak begitu sulit, cuman kita tidak maksimal dalam menjalankan pertandingan,” ujar Jacksen.

Pelatih asal Brasil itu juga menyebutkan bahwa pemainnya sering melakukan long ball, namun menurutnya hal tersebut justru menguntungkan pemain lawan yang selalu unggul dalam duel udara. Begitupun dengan pergantian yang ia lakukan di babak kedua juga tidak begitu maksimal.

Tapi Jacksen mengaku mereka bisa tampil lebih baik lagi saat bersua dengan Madura United pada pertandingan berikutnya pada 3 Oktober mendatang

“Kami berusaha untuk memasukan beberapa pemain seperti Ramai, Josu dan Basna untuk merubah permaina cuma belum maksimal. Kami akan kembali membenahi tim dan saya yakin saat lawan Madura United pemain akan lebih baik lagi, karena selama ini mereka terus menunjukan progres yang bagus,” ucap Jacksen.

Jacksen juga berharap, para pemain asingnya bisa dimainkan pada pertandingan berikutnya. Sebab kata Jacksen, jika pemain asingnya bisa bermain, maka mereka memiliki banyak pilihan di setiap lini.

“Waktu tinggal 4 hari, dan jika semua lengkap kekuatan tim kita akan jauh lebih baik lagi. Ini tim kita lumayan kompetitif tapi jika kita punya pemain asing, kita akan lebih lengkap lagi. Tadi kita mainkan Motta namun belum dalam kondisi terbaiknya, tapi dampaknya kepada permainan sangat besar. Tapi saya belum bisa pastikan apakah pemain lain sudah bisa main atau tidak,” jelas Jacksen.

Sementara itu, penyerang muda Persipura, Josua Isir mengaku jika mereka sudah tampil baik, hanya saja mereka belum bisa meraih kemenangan.

“Pertandingan cukup baik, mungkin sedikit kesalahan saja, dan kami akan perbaiki itu dalam latihan untuk menghadapi pertandingan berikutnya,” pungkasnya. (eri/nat)